Selasa , 23 April 2024
Home / BENGKAYANG / Sat Polair Polres Bengkayang Ajak Masyarakat Tidak Buang Sampah Plastik di Laut

Sat Polair Polres Bengkayang Ajak Masyarakat Tidak Buang Sampah Plastik di Laut

D8DF5A8B-AA9D-45D5-9866-6904A03F8EE4
KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG – Guna menjaga ekosistem laut agar tetap lestari dan bebas sampah plastik, Kepolisian Resor Bengkayang melalui Satuan Polair Polres Bengkayang menghimbau masyarakat Pesisir untuk tidak membuang Sampah Plastik di pantai maupun laut.

Dengan mengangkat tema ‘Stop Buang Sampah Plastik di Pantai Maupun Laut’ Sat Polair Polres Bengkayang menghimbau masyarakat pesisir untuk tidak membuang sampah plastik sembarangan

Himbauan tersebut langsung disampaikan oleh personil Sat Polari Polres Bengkayang, Bripka Novin Yuhananto kepada masyarakat Pantai Kura-kura di Dusun Tanjung Gundul, Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang.

Kapolres Bengkayang AKBP Yos Guntur Yudi Fauris Susanto melalui Kasat Polair Polres Bengkayang AKP Apep Syamsul Hakim menerangkan, bahwa membuang sampah dilaut akan merusak ekosistem laut, terumbu karang yang berakibat berkurangnya ikan.

“Sampah plastik yang dibuang memerlukan waktu yang lama untuk terurai apabila pembuangan sampah plastik ini dilakukan secara terus menerus akan mengurangi tangkapan ikan nelayan,” ucapnya, Kamis (15/8).

“Sampah plastik sangat berbahaya bagi kelestarian ekosistem, dan sumber daya perairan yang di dalamnya dimana ada biota perairan yang hidup seperti ikan, selain membahayakan keselamatan ikan itu sendiri, juga membahayakan kesehatan manusia jika manusia konsumsi ikan,” tambahnya.

Satuan Polisi Perairan Polres Bengkayang juga menghimbau kepada semua nelayan yang memiliki kapal untuk menyediakan tempat sampah di kapal.

“Mari kita sama-sama menjaga kelestarian dan kebersihan laut kita agar tetap bersih dan sumber alamnya dapat terjaga sehingga dapat dinikmati sampai anak cucu kita nanti,” tutup AKP Apep. (Titi).

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Komunitas Putra Putri Sanggau Gandeng Pewarsa Garap Program Sinema Mikro 2024

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Komunitas Putra Putri Sanggau akan menggarap sinema mikro pada tahun 2024. Sebelumnya, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *