Kamis , 21 November 2019
Home / BENGKAYANG / Wabup Hadiri Penilaian Pokdarwis Pantai Kura-Kura

Wabup Hadiri Penilaian Pokdarwis Pantai Kura-Kura

69844361-c375-4ab9-ab30-eb9558f53f1e
KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG – Wakil Bupati Bengkayang, Agustinus Naon, memantau langsung proses penilaian Kelompok Masyarakat Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Kura-Kura, Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang oleh Tim Penilai Apresiasi Pokdarwis Tingkat Nasional 2019, Kamis (8/8).

Pokdarwis Pantai Kura-Kura, Desa Karimunting merupakan perwakilan Kalbar dalam ajang tersebut, yang merupakan hasil rekomendasi Pemkab Bengkayang.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan Ketua Pokdarwis Pantai Kura-Kura, Sisyanto, diceritakan, awalnya pantai ini merupakan ekosistem bagi perkembangbiakan Penyu dan Kura-kura dan seiring berjalannya waktu, tempat tersebut berubah menjadi destinasi wisata baik lokal maupun daerah lain.

“Karena melihat potensi yang ada, berawal dari kesadaran masyarakat setempat, maka muncullah Pokdarwis yang ada saat ini,” ujar Sisyanto.

Dalam perkembangannya,kata Sisyanto Pokdarwis tak hanya berjalan sendiri, namun adanya keterlibatan Pemkab Bengkayang turut dirasakan mulai dari pembentukkan, pembinaan maupun promosi, termasuk rekomendasi untuk mewakili Kalbar.

“Semoga Pantai Kura-Kura ini bisa terkenal sampai mancanegara sehingga ada ada turis yang mau berkunjung di pantai ini,” harap Ketua Pokdarwis.

Kabid Pengembangan Masyarakat Pariwisata, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kalbar, Dra. Ambarukmi menyebutkan, Penilaian Apresiasi Pokdarwis 2019 ini, mengacu pada beberapa indikator atau unsur-unsur yang menjadi penilaian.

“Unsur-unsur tersebut diantaranya adalah sumber daya manusia, sumber daya alam, keamanan, keindahan, kebersihannya dan serta kerjasama yg baik dalam organisasi Pokdarwis yang dinilai,” tutur Ambarukmi.
Sementara itu, Wakil Bupati Bengkayang Agustinus Naon, mengapresiasi masyarakat Tanjung Gundul yang telah menang tingkat kabupaten dan provinsi sehingga bisa mewakili kalbar dalam penilaian apresiasi Pokdarwis Tingkat Nasional tahun 2019. Beliau berharap Pokdarwis Pantai Kura-Kura bisa menjadi pemenang tingkat nasional.

“Kita juga berharap agar semakin banyak Pokdarwis yang tumbuh di Kabupaten Bengkayang sehingga mampu memberikan dampak yang positif bagi daerah,” pungkas Wabup. (Nar).

Tentang REDAKSI

Cek Juga

Suib

Alokasikan Anggaran Pilkada di Awal Periode

KALIMANTAN TODAY, PONTIANAK–Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota digelar setiap 5 tahun sekali. …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *