Kamis , 28 September 2023
Home / HUKUM / Devi Tiomana: Ini Kasus Besar, Meninggalnya Anak di Lembaga Pelayanan Anak

Devi Tiomana: Ini Kasus Besar, Meninggalnya Anak di Lembaga Pelayanan Anak

Devi Tiomana
Devi Tiomana

KALIMANTAN TODAY, PONTIANAK – Laporan yang dibuat oleh keluarga korban ke Polda Kalbar terkait aksi pengeroyokan Vicky Maulana Ramadhan (17) di Pusat Layanan Anak Terpadu (PLAT) milik Pemkot, kata Devi Tiomana, Ketua Yayasan Nanda Dian Nusantara, harus mendapatkan pendampingan.

“Mereka (korban) harus mendapatkan keadilan, dan para pelaku juga adalah anak dibawah umur yang saat ini mendapatkan pendampingan di PLAT kota Pontianak,” ujarnya Senin (29/7).

Kedatangannya bersama keluarga korban kata Devi Tiomana, adalah mengawal proses pencarian keadilan yang dilakukan oleh keluarga korban.

Karena kata Devi, untuk menangkap, menahan seseorang harus sesuai aturan apalagi yang menjadi korban adalah anak anak.

“Untuk alasan apapun, tidak boleh secara sewenang wenang menahan anak dan menangkap anak, apalagi sampai si anak meninggal dunia” terang dia.

Ia menilai, dalam kasus tersebut diduga ada penyalahgunaan kewenangan oleh pejabat di Dinas yang bersangkutan. Hal inilah kata Devi membuat dirinya mendampingi keluarga korban melapor ke Polda.

BACA JUGA : Kepala Dinsos dan PLAT Pontianak dilaporkan ke Polda Kalbar

BACA JUGA : Anak Disabilitas Tewas dikeroyok di Pusat Layanan Anak Terpadu Pontianak

Yang dilaporkan ini, adalah Kepala Dinas Sosial Kota Pontianak serta staf di PLAT. Karena mereka punya wewenang untuk itu dan pada saat kejadian petugas ada ditempat.

“Ini kasus besar, di Indonesia kasus meninggalnya anak dilembaga pelayanan itu jarang apa lagi ini terjadi dilembaga layanan sosial,” ungkap Devi.

Ini menjadi perhatian semua para pihak, ada apa di sistemnya, manajemennya, SOP nya harus dilihat semuanya, bila perlu harus diaudit.

“Bukan hanya men sangsi pejabat yang bersangkutan secara administrasi, tapi sangsinya untuk pelanggaran hukum tindak pidana murni seperti, penculikan, penyekapan dan penyerangan itu harus diproses,” pungkasnya. (jon)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Bupati Sis Ninjau Progres Pekerjaan Ruas Jalan Simpang Sayut – Nanga Saray 

  KALIMANTAN TODAY, KAPUAS HULU – Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan didampingi Kepala Dinas Pekerjaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *