Rabu , 31 Mei 2023
Home / BENGKAYANG / Kapolres: Terorisme dan Radikalisme masih menjadi Potensi ancaman bagi stabilitas keamanan dalam negeri

Kapolres: Terorisme dan Radikalisme masih menjadi Potensi ancaman bagi stabilitas keamanan dalam negeri

3BC5B4D9-6FB5-4529-84CC-63B8B84B18DC

KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG – Kapolres Bengkayang AKBP Yos Guntur Yudi Faursi Susanto menjadi inspektur upacara pada acara Hari Bhayangkara Ke- 73, di Halaman Mako Polsek Bengkayang, Rabu (10/7).

Hadir dalam upacara tersebut adalah Wakil Bupati Bengkayang, Mantan Bupati Bengkayang pertama Drs. Jacobus Luna, Dandim 1202 Singkawang Danki Senapan C 645 GTY Bengkayang, Danlanud Hary Hadisoemantri, Kajari Bengkayang, Forkopimda Kabupaten Bengkayang serta tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan tamu undangan.

Peringatan Hut Bhayangkara Ke-73 tahun 2019 ini mengambil tema Dengan Semangat Promoter, Pengabdian Polri Untuk Masyarakat, Bangsa dan Negara.

Dalam sambutannya, Kapolres Bengkayang menyampaikan amanat dari Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo secara resmi menyampaikan ucapan selamat Hari Bhayangkara Ke-73 kepada seluruh anggota Polri dimanapun berada dan dimanapun bertugas.

Kerja keras dan pengabdian Polri, telah dirasakan hasilnya oleh seluruh masyarakat Indonesia. Situasi keamanan dalam negeri sepanjang tahun 2018 dan 2019 terpelihara dengan baik. Polri dan TNI telah mengamankan seluruh perhelatan internasional yang diselenggarakan Pemerintah, yaitu Asian Games, Asian Para Games, serta IMF-World Bank Annual Meeting 2018. Polri dan TNI juga telah mengamankan penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Pemilu Tahun 2019, sehingga terselenggara dengan aman, damai, dan demokratis.

“Seluruh agenda kemasyarakatan juga dapat terselenggara dengan aman, mulai dari perayaan Natal 2018, Tahun Baru 2019, sampai dengan Ramadhan dan Idul Fitri 2019. Kita juga merasakan situasi kamtibmas yang kondusif, arus mudik dan arus balik berjalan dengan lancar, stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan terjamin di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, bersama dengan seluruh pemangku kepentingan, Polri turut terlibat aktif dalam penanggulangan bencana yang terjadi di berbagai wilayah di tanah air,” kata Kapolres saat membacakan amanat Presiden RI.

Capaian tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh personel Polri, dengan dukungan mitra kerja dan masyarakat. Oleh karena itu, dalam kesempatan yang penuh dengan kebahagiaan ini, saya mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh personel Polri di mana pun Saudara mengabdi, kepada mitra kerja Polri, serta kepada masyarakat yang telah mendukung terwujudnya stabilitas keamanan dalam negeri yang kondusif.

“Berbagai capaian tersebut saya harap tidak membuat institusi Polri cepat berpuas diri. Namun sebaliknya, menjadi motivasi dan inspirasi untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Apalagi ke depan, tantangan yang dihadapi Polri dalam memelihara keamanan dalam negeri akan semakin kompleks,” ucapnya.

Lanjutnya, Terorisme dan radikalisme masih menjadi potensi ancaman bagi stabilitas keamanan dalam negeri. Selain itu, pesatnya perkembangan teknologi informasi juga mendorong semakin besar dan beragamnya potensi kejahatan di ruang siber. Demikian pula penyebaran berita bohong dan ujaran kebencian, menjadi ancaman bagi kerukunan, persatuan, dan kesatuan bangsa kita.

“Oleh karena itu, sebelum mengakhiri amanat ini, saya akan menyampaikan beberapa instruksi sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas. Pertama Terus tingkatkan kualitas sumber daya manusia Polri, guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks, serta untuk mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045, Kedua Kedepankan strategi pemolisian proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat, Ketiga Terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah, murah, cepat, secara konsisten dan berkelanjutan, Keempat Tingkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum, guna mewujudkan penegakan hukum yang profesional, transparan, dan berkeadilan dan Kelima Perkuat koordinasi dan kerja sama dengan TNI, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, serta masyarakat, dalam memelihara keamanan dalam negeri,”tutup Kapolres. (Titi)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Puskesmas Sanggau Gelar Simulasi Penggunaan APAR dan Evakuasi Korban Bencana

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Puskesmas Sanggau menggelar simulasi penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) serta evakuasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *