Sabtu , 20 April 2024
Home / NEWS / Kapolda Launching Pembanguan SPN di Singkawang

Kapolda Launching Pembanguan SPN di Singkawang

297F7ECE-23D2-4D78-9D1D-C6E1B36E3A29

KALIMANTAN TODAY, SINGKAWANG – Kapolda Kalbar bersama forkopimda, Senin (8/7) melaunching SPN Polda Kalbar dan penandatangan pembangunan SPN Polda Kalbar di Kelurahan Sagatani, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang.

Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono menyebut, pentingnya pembangunan SPN sesuai nawacita Presiden RI Joko Widodo membangun dari daerah pedalaman.

“Pembangunan Sekolah Polisi Negara di Kota Singkawang ini merupakan pembangunan gedung yang lebih representatif dan mengadopsi nilai budaya kearifan lokal masyarakat provinsi Kalimantan Barat. Pembangunan nantinya sesuai kearifan lokal masing-masing kabupaten/kota se- Kalbar. Dengan demikian tentunya kami terbuka untuk masing-masing kabupaten dapat mengusulkan model bangunan sesuai ciri khas daerahnya namun tidak mengurangi prototipe nya Polri,” kata Didi.

Launching pembangunan SPN Polda Kalbar ini penting dilaksanakan, sebagai bentuk nyata partisifasi aktif baik masyarakat, pemerintah provinsi, pemerintah daerah, maupun para pengusaha yang memang menginginkan kemajuan yang masif di Kalbar.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pembangunan SPN Polda Kalbar di Kota Singkawang mulai dilaksanakan sejak awal tahun 2019 yaitu dengan melakukan kajian strategis yang ditindaklanjuti dengan pertemuan antara Polda Kalbar dengan gubernur, para wali kota, para bupati dan para pengusaha yang difasilitasi oleh Ketua DPRD Provinsi Kalbar dan para Ketua DPRD kabupaten dan kota se- Kalimantan Barat,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, biaya yang dibutuhkan dalam pembangunan SPN Polda Kalbar ini diperkirakan sebesar Rp 117,9 miliar yang terbagi dalam dua tahap. Pada tahun 2019 akan terbangun 8 unit fasilitas dengan biaya sebesar Rp28,5 miliar sedangkan sisanya sebesar Rp89,4 miliar dengan bangunan sebanyak 23 unit akan dilaksanakan pada tahun 2020.

“Saya selaku Kapolda Kalbar mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kota Singkawang yang diprakarsai oleh ibu Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie yang dengan iklas memberikan lahan seluas lebih kurang 40 hektare kepada Polda Kalbar untuk dijadikan lahan pembangunan SPN. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada Gubernur provinsi Kalbar dan Wali Kota Singkawang beserta para bupati yang telah memberikan hibah bangunan pada tahun 2019 senilai Rp28,5 miliar dengan jumlah bangunan sebanyak 8 unit yang merupakan fasilitas utama,” ungkapnya.

Pembangunan Sekolah Polisi Negara dimaksud bertujuan selain untuk mencetak sumber daya manusia Polri yang mampu melindungi, mengayomi, melayani masyarakat, patuh hukum dan profesional. Dan juga dapat digunakan untuk wahana pendidikan bagi seluruh masyarakat di Provinsi Kalimantan Barat. Biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan Sekolah Polisi Negara dimaksud, tidak dapat seluruhnya dibebankan kepada APBN Polri, mengingat kemampuan APBN Polri masih terbatas.

“Dan nantinya setelah selesai kami akan mengundang bapak ibu sekalian dan bapak Kapolri untuk meresmikan SPN Polda Kalbar. Polda Kalbar berharap seluruh stake holder dan seluruh masyarakat yang ada di Propinsi Kalimantan Barat dapat mendukung baik materil maupun moril, demi kelancaran pembangunan dimaksud. diharapkan ke depan semakin baik dan meningkatnya kinerja polda kalbar dalam memberikan pelayanan prima kepada seluruh masyarakat yang ada di Provinsi Kalbar,” paparnya.

Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie menuturkan, Kota Singkawang merupakan kota nomor 2 terbesar di Kalimantan Barat dengan luas 5004 kilo meter persegi yang merupakan kota sebagai tujuan masyarakat daerah lain untuk melanjutkan pendidikan.

“ Sehubungan dengan rencana pembangunan SPN Polda, kami pemerintah Kota Singkawang sangat mendukung, karena akan memberikan pembangunan baik masyarakat setempat dari aspek ekonomi, dan semakin mendekatkan Polri kepada masyarakat setempat dalam memberikan ketentraman masyarakat setempat. Semoga target 2020 SPN dapat selesai dan kami akan mengundang kembali dalam acara peresmian,” kata Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie. (jon)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Karolin Dan Keluarga Laksanakan Misa Malam Paskah di Ngabang

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Bupati Landak periode 2017-2022 Karolin Margret Natasa dan keluarga melaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *