Sabtu , 27 April 2024
Home / HUKUM / Bea dan Cukai Sita Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal

Bea dan Cukai Sita Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal

Kepala KPPBC TMP C Entikong, Paulus Dwi Jogyastara
Kepala KPPBC TMP C Entikong, Paulus Dwi Jogyastara

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU – Sebanyak 463.740 batang rokok illegal berhasil diamankan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C (KPPBC TMP C) Entikong selama operasi gempur, 24-28 Juni 2019. Dalam operasi itu, bea cukai melibatkan Polres Sanggau.
“Selama Operasi Gempur, kami dari Bea Cukai dan Polres Sanggau berhasil melakukan penindakan terhadap 463.740 batang rokok ilegal dari 20 penindakan. Dengan total hasil tembakau Rp416.739.300 dan telah merugikan negara dari cukai dan PPn sebesar Rp239.193.630,” kata Kepala KPPBC TMP C Entikong, Paulus Dwi Jogyastara saat press release di Mapolres Sanggau, Senin (1/7).
Didampingi Kapolres Sanggau, AKBP Imam Riyadi, Dwi merinci, pelanggaran yang paling banyak adalah rokok dengan pita cukai salah peruntukan, yaitu 414.180 batang dan kebanyakan kemasan 20 batang.
Salah peruntukan itu, dijelaskan dia, rokok SKM (Sigaret Kretek Mesin/rokok yang proses pembuatannya menggunakan mesin), dilekati SKT (Sigaret Kretek Tangan/rokok yang proses pembuatannya menggunakan tangan atau alat bantu sederhana). “Tentunya dengan pita cukai yang tarifnya beda, timbul kerugian negara. Harusnya yang rokok SKM dengan tariff yang lebih tinggi, dilekati rokok SKT,” ujar Dwi.
Ia memperkirakan jumlahnya sekitar 2315 slop. “Ada berbagai merek, ada puluhan yang kemungkinan berasal dari pabrik-pabrik di Jawa. Ini nanti kita lakukan upaya, kita kirim ke lab, kita minta konfirmasi, pabrik mana yang ngasi dan kemungkinan ada pengenaan sanksi administrasi,” tegas Dwi.
Kedua, lanjut dia, rokok dengan pita cukai salah personalisasi sebanyak 41.560 batang. “Pita pabrik masing-masing punya kodefikasi untuk pita cukainya. Ini gak sesuai, pita pabrik lain yang dipakai,” terang Dwi.
Kemudian, sambung dia, rokok tanpa pita cukai sebanyak 7.200 batang. Untuk rokok dengan pita cukai palsu sebanyak 800 batang. Sebenarnya perlu identifikasi, tapi secara kasat mata, teman-teman sudah paham juga, kasar, dicetak saja.
Bea Cukai secara massif dan berkelanjutan selalu menekan peredaran hasil tembakau. Mengapa ini perlu dilakukan? Dwi menegaskan, pertama terkait penerimaan bahwa bea cukai tahun 2019 mengemban target penerimaan bea masuk dan cukai sebesar Rp208 triliun.
“80 persen sendiri adalah bersumber dari cukai atau sekitar Rp165,5 trilun. Dari cukai sendiri 96 persennya adalah cukai hasil tembakau ini, Rp158,8 triliun. Porsinya cukup banyak, ini coba kita tekan karena begitu peredaranya ilegal bisa kita kurangi, berarti yang legal bisa masuk ke pasar. Dengan tumbuhnya hasil tembakau yang legal, terkait dengan tenaga kerja dan sebagainya, tentunya akan menumbuhkan ekonomi,” tuturnya.
Dwi menyebut, tahun ini pihaknya punya target tiga persen untuk menekan potensi kerugian negara. “Tahun ini dicoba tiga persen. Ini perlu dukungan dari semua pihak, kepolisian dan tentunya masyarakat. Mereka juga harus sadar bahwa cukai ini terkait penerimaan negara, sumber penerimaan negara untuk pembangunan dan lain sebagainya,” timpalnya.
Sebelum melakukan upaya terakhir berupa penindakan, Dwi mengaku pihaknya sudah melakukan banyak publikasi, kampanye dan sebagainya. “Salah satu upaya terakhir adalah penindakan ini. Diharapkan makin kedepan makin patuh pengguna jasa, masyarakat dan sebagainya, sehingga rokok ilegal bisa kita tekan,” katanya.
Sementara itu, Kapolres Sanggau, AKBP Imam Riyadi menegaskan, pihaknya sangat mendukung upaya-upaya menekan potensi kerugian negara dari rokok-rokok ilegal. “Yang bisa kita ungkap di Kabupaten Sanggau ini cukup signifikan. Tentunya kita tidak ingin negara dirugikan dengan adanya penyalahgunaan, sehingga produk-produk rokok ini lolos atau bahkan tidak membayar cukai atau pajak ke negara,” pungkasnya.(Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Kejari Sanggau Siap Kawal dan Amankan Proyek Strategis Daerah 2024

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Kejaksaan Negeri (Kejari) Sanggau selaku aparat penegak hukum siap mengawal dan mengamankan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *