Kamis , 25 April 2024
Home / BENGKAYANG / Parade 1.000 Tangkintn Akan Meriahkan Festival Budaya Dayak Kalbar Ke-I

Parade 1.000 Tangkintn Akan Meriahkan Festival Budaya Dayak Kalbar Ke-I

IMG-20190611-WA0007

KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG – Festival Budaya Dayak Kalimantan Barat Ke-I di Kabupaten Bengkayang dan sekaligus peresmian rumah adat Dayak  Ramin Bantang yang akan digelar pada tanggal 7-11 Juli 2019 mendatang  akan dimeriahkan dengan parade 1.000 tangkitn (Senjata Khas Suku Dayak, Red).

IMG-20190611-WA0004

Hal itu yang disampaikan oleh Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Bengkayang Martinus Kajot, saat ditemui di lokasi Ramin Bantang, Jalan Sanggau Ledo, Kelurahan Sebalo, Senin (10/6).

“Festival Budaya Dayak Kalbar pertama ini dilaksanakan di Ramin Bantang Bengkayang, dan akan diikuti oleh seluruh Kabupaten kota di Kalbar. Dalam acara ini juga  akan dilaksanakan parade 1.000 tangkitn,” ujarnya.

Kata Kajot, Festival Budaya Dayak ini juga menunjukkan kepada masyarakat kalbar,  Indonesia dan dunia bahwa suku dayak itu ada dan sebagai suku asli yang menghuni pulau kalimantan. Festival budaya tersebut  dimaksudkan dalam rangka memperkenalkan budaya dan adat istiadat, serta tradisi dayak hingga ke mancanegara sehingga suku dayak dikenal oleh dunia luar.

“Dalam rangka pelaksanaan acara itu, maka kami seluruh pengurus DAD Kabupaten Bengkayang menyampaikan dan  informasikan kepada masyarakat kabupaten Bengkayangngkayang khususnya dan Kalimantan Barat umumnya untuk datang dan saksikan bersama acara tersebut sebagai warisan leluhur yang patut dijaga dan lestarikan,” pungkasnya.

Selain adanya pareda Tangkitn dan peresmian Ramin Bantang,  juga ada kegiatan lainnya seperti Karnaval Budaya, Event Pertunjukan dan Lomba, Seminar Tangkint, Tarian Dayak Kreasi, Expo Budaya dan Kuliner, dan Parade Sape’. (Titi)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Pj Bupati Sanggau Hadiri Panen Perdana PSR

KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Sanggau, Suherman menghadiri panen perdana Program Sawit Rakyat (PSR) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *