Jumat , 26 April 2024
Home / HUKUM / Peledakan di Gereja Samarinda dilakukan teroris

Peledakan di Gereja Samarinda dilakukan teroris

Istimewa
Istimewa

KALTIM – Kepala Polda Kalimantan Timur, Inspektur Jenderal Polisi Safaruddin, memastikan pelaku peledakan bom di halaman Gereja Oikumene, Loa Janan, Samarinda, Minggu, merupakan anggota kelompok teroris.

“Polisi akan menyelidiki jaringan dari pelaku yang kini sudah ditangkap,” kata Safaruddin, kepada wartawan usai menjenguk korban ledakan di RSUD A Moeis, Samarinda Seberang, Minggu.

Beberapa saat sebelumnya, Safaruddin juga mendatangi lokasi ledakan, di Jalan Cipto Mangunkusumo, Kelurahan Sengkotek, Samarinda Seberang.

Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror Polda KalimantanTimur, kata dia, juga sedang bergerak menuju lokasi untuk membantu penyelidikan kasus ledakan itu.

“Saat ini situasi sudah kondusif dan terkendali. Saya minta masyarakat untuk tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa, karena kasusnya sudah ditangani polisi,” ujar dia.

Dia hadir di rumah sakit itu untuk memberikan dukungan kepada keluarga korban dan memastikan kondisi korban yang semuanya anak-anak serta balita.

“Seluruh korban luka adalah anak-anak dan balita. Kondisi lukanya tidak parah, bahkan satu anak sudah diperbolehkan pulang, sementara empat korban lain masih perlu perawatan,” jelasnya.

Keempat korban luka yang masih dirawat masing-masing Intan Marbon (2,5 tahun), Triniti Hutahayan (4 tahun), Anita (4 tahun), ketiganya warga Gang Jati, Harapan Baru, Samarinda Seberang, dan Alfaro Sinaga (5 tahun) warga Aspol Km 4 Loa Janan.

Ledakan terjadi sekitar pukul 10.30 WITA, saat puluhan jemaat Gereja Oikumene sedang kebaktian sesi kedua.

Terduga pelaku peledakan ditangkap warga saat berusaha melarikan diri dengan menceburkan diri ke Sungai Mahakam.

Selain mencederai sejumlah korban, ledakan bom molotov itu mengakibatkan empat unit sepeda motor, termasuk milik terduga pelaku yang ditinggalkan di halaman gereja mengalami kerusakan.

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Pj Bupati Sanggau Hadiri Panen Perdana PSR

KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Sanggau, Suherman menghadiri panen perdana Program Sawit Rakyat (PSR) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *