Jumat , 18 Oktober 2024
Home / LANDAK / Kampanye di Desa Tiang Tanjung, Karolin: Perlu Kolaborasi DPRD dan Bupati untuk Pembangunan

Kampanye di Desa Tiang Tanjung, Karolin: Perlu Kolaborasi DPRD dan Bupati untuk Pembangunan

Calon Bupati Landak, Karolin bersama Anggota DPRD Landak, Angela Febrianti

 

KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Saat melakukan kampanye dialogis tatap muka atau pertemuan terbatas di Dusun Tiang Tengah, Desa Tiang Tanjung, Kecamatan Mempawah Hulu, minggu (13/10/24), calon Bupati Landak nomor urut 1 Karolin Margret Natasa mengatakan perlu kolaborasi antara Legislatif dalam hal ini DPRD serta eksekutif atau Bupati dan Wakil Bupati dalam proses pembangunan daerah.

Untuk itu, Karolin menegaskan akan berkomunikasi dan berkoordinasi lebih baik dengan para perwakilan wilayah di DPRD Landak, termasuk anggota DPRD dari dapil Mempawah Hulu.

Selain itu menurutnya juga perlu dukungan pembangunan dari pemerintah pusat, yang mengharuskan kepala daerah mampu koordinasi dan komunikasi serta dengan dukungan tata kelola pemerintahan yang baik dan benar.

“Selama kami menjabat sebagai Bupati Landak, saya menerima lebih dari 100 penghargaan, prestasi kita sebagai Bupati Landak. Bukan hanya tingkat provinsi, tapi sampai dengan tingkat nasional,” ujar Karolin.

Karolin menjelaskan, penghargaan yang diperoleh tersebut bisa menumbuhkan kepercayaan pemerintah pusat sehingga mempermudah mendapat dukungan bantuan anggaran pembangunan.

“Kalau kita dipercaya oleh pusat barulah kita bisa mendapat anggaran-anggaran untuk pembangunan di wilayah Landak. Maka tidak heran kalau namanya DAK pendidikan, pembangunan rumah sekolah, tambah ruang sekolah, rehab sekolah, itu semua dananya dari pusat. Kalau kita tidak berusaha, tidak menunjukkan kita ini bisa menanganani pemerintahan apakah pemerintah pusat akan kasi,” terang Karolin.

Lebih lanjut ditambahkannya bahwa aturan saat ini kewenagan bupati dibatasi, salah satunya anggaran APBD Landak yang berkisar antara Rp 1,3 hingga Rp 1,5 triliun saat ini juga turut dibagi untuk dana desa, baik untuk gaji perangkat desa hingga untuk keperluan pembangunan.

Sehingga pembangunan bisa langsung dilakukan Kepala Desa dan tidak perlu langsung oleh pemerintah daerah.

“Ada kerja gotong royong, jadi yang kerja bisa dapat gaji. Itu semua dari APBD juga, lebih dari Rp 100 miliar anggaran bupati diserahkan ke desa. Kenapa banyak sekali, karena desanya banyak, 156 desa,” tutur Karolin.

Ditambahkannya bahwa dengan kewenangan yang diatur Undang-undang, menjabat sebagai bupati saat ini tidak bisa melakukan kebijakan maupun program seenaknya tanpa dasar dan payung hukum.

Di hadapan masyarakat, Karolin turut menyampaikan berbagai program kerja kedepan, dinataranya komitmen memperkuat program peningkatan pertanian, baik melalui bantuan modernisasi alat pertanian maupun program lain.

Sehingga Kabupaten Landak yang saat ini merupakan salah satu lumbung pangan Kalbar, bisa terus meningkatkan prodiktivitas yang diharapkan juga medukung peningkatan ekonomi petani.

Selain itu program bidang kesehatan, terutama pelayanan di RSUD juga akan terus ditingkatkan.

Termasuk berbagai pelayanan kepada masyarakat yang memudahkan masyarakat, salah satunya pelayanan administrasi kependudukan yang bisa terus maksimal dilayani di kantor kecamatan. Sehingga masyarakat bisa lebih mudah mendapat berbagai akses pelayanan publik.

“Saya sangat ingin agar pelayanan publik, pelayanan kepada masyarakat itu paling tidak memenuhi tiga kriteria. Harus lebih dekat, harus lebih murah dan harus lebih mudah,” ungkap Karolin.

Sementara Anggota DPRD Landak, Angela Febrianti yang turut serta dalam pertemuan dengan masyarakat ini berharap masyarakat bisa memberi dukungan kepada Karolin-Erani, mengingat berbagai pengalaman keduanya yang diyakini bisa maksimal membangun Kabupaten Landak.

“Saya yakin bahwa Ibu Karolin dan Erani adalah pasangan yang pas, tentu dengan pengalaman Ibu Karolin yang sangat luarbiasa hingga tingkat nasional, dua periode mennjadi anggota DPR RI, kemudian satu periode menjadi bupati. Ditambah Pak Erani yang sebelumnya Kepala Dinas PU, tentu paham bagaimana membangun Landak,” ucap Angela.

Dia juga mengajak masyarakat lebih cerdas untuk menentukan piliha dengan tidak mudah termakan berbagai isu dan tidak mudah terprovokasi.

“Kami anggota DPRD untuk membangun suatu daerah, dengan luasnya kecamatan tidak cukup dengan pokir kami, tentu kami butuh bantuan bupati,” tambah Angela.

Untuk memudahkan hal itu, dia berharap masyarakat bisa menentukan pilihan untuk memilih Karolin-Erani pada pemungutan suara 27 November 2024, mendatang. (*)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Soal Kapuas Raya, Lasarus: Kalau Keran Pemekaran Dibuka, Tidak Perlu Janji-janji Politik, Saya Ini Dedengkotnya DPR!

KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Ketua DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat, Lasarus mengungkapkan, pasangan Ria Norsan-Krisantus (NKRI) tetap …