Minggu , 6 Oktober 2024
Home / NEWS / Dinas Kesehatan Sanggau Gelar Jambore Kader Posyandu 2024

Dinas Kesehatan Sanggau Gelar Jambore Kader Posyandu 2024

Foto—Pj. Sekda Sanggau, Aswin Khatib menyematkan PIN kepada kader Posyandu berprestasi pada cara pembukaan Jambore Kader Posyandu 2024 yang digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Jumat (04/10/2024)—Kiram Akbar

KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Sebanyak 120 kader Posyandu dari 19 Puskesmas mengikuti Jambore Kader Posyandu 2024 yang digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sanggau, Jumat (04/10/2024).

Acara yang digelar di aula Dinkes Sanggau tersebut dibuka Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Sanggau, Aswin Khatib. Dihadiri Kepala Dinas Kesehatan, Ginting, Camat Kapuas, Laurianus Yoka, serta perwakilan dari 19 Puskesmas.

Dalam sambutannya, Pj. Sekda mengatakan secara kuantitas, perkembangan jumlah Posyandu di Kabupaten Sanggau sangat menggembirakan pertumbuhannya di setiap desa.

“Ini seiring dengan adanya peraturan Menteri Dalam Negeri tentang Posyandu dan Transformasi layanan kesehatan yaitu transformasi layanan primer sebagai wujud Layanan Integrasi Prima (ILP),” ujar Aswin Khatib.

Ia mengatakan Jambore Kader Posyandu merupakan ajang tahunan berkumpulnya kader-kader Posyandu terbaik dari setiap Puskesmas untuk memperoleh reward, berkomunikasi, berkompetisi dan bersosialisasi antar kaer Posyandu dalam satu kegiatan.

 

“Dengan ajang jambore kader ini diharapkan nanti pelaksanaan pelayanan Posyandu semakin ditingkatkan sehingga tercapai cita-cita bersama bidang kesehatan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui transformasi layanan kesehatan,” terangnya.

Aswin mengatakan pelaksanaan Jambore Kader Posyandu sejalan dengan visi-misi Pemkab Sanggau “Mewujudkan Masyarakat yang Cerdas, Sehat, Bermartabat, dan Berdaya Saing” yang termuat dalam salah satu seven brand images “Sanggau Pintar dan Sehat”.

 

“Tentunya hal ini sangat beriringan dengan peningkatan kapasitas kader seiring dengan keaktifan Posyandu sebagai wadah layanan kesehatan dasar masyarakat yang menerapkan layanan secara preventif dan promotif serta pemberdayaan masyarakat,”

 

Ia mengungkapkan, pada tahun 2024 Kabupaten Sanggau memiliki 670 Posyandu Balita dengan 1.936 kader, 156 Posyandu usia produktif (Posbindu) dengan 471 kader, 84 Posyandu Remaja dengan 366 kader dan 379 Posyandu Lansia dengan 1.859 kader yang tersebar di 19 Puskesmas, dengan rata-rata memiliki tiga Posyandu setiap desa dan kelurahan. Sedangkan Posyandu aktif sebanyak 353 Posyandu atau 52,69 persen.

Sementara itu, Kapala Dinas Kesehatan Sanggau, Ginting mengatakan, Jambore Kader Posyandu merupakan ajang silaturahmi bagi para kader. (Ram)
 

Tentang Redaksi

Cek Juga

Survei Indo Barometer: Karolin-Erani Bakal Unggul di Pilkada Landak

  KALIMANTAN TODAY , LANDAK – Lembaga survei INDO BAROMETER memperkirakan pasangan calon Bupati dan …