Sabtu , 21 September 2024
Home / HEADLINE NEWS / Survei Indo Barometer: Karolin-Erani Bakal Unggul di Pilkada Landak

Survei Indo Barometer: Karolin-Erani Bakal Unggul di Pilkada Landak

Karolin-Erani Calon Bupati dan Wakil Bupati Landak

 

KALIMANTAN TODAY , LANDAK – Lembaga survei INDO BAROMETER memperkirakan pasangan calon Bupati dan calon Wakil Bupati Landak Karolin Margret Natasa – Erani bakal unggul atas pesaingnya pasangan Heri Saman – Vinsensius pada Pilkada 27 November 2024 mendatang. Paslon Karolin – Erani (KREN) diperkirakan unggul dengan tingkat keterpilihan 46,8% sedangkan paslon Heri Saman – Vinsensius dengan elektabilitas 23%.

Divisi Riset Indo Barometer Christopher Nugroho melalui keterangan tertulisnya menjelaskan bahwa survei Lembaga Indo Barometer ini dilakukan sejak 4-10 September 2024 dengan menerapkan metodologi standar. Survei dilaksanakan di seluruh wilayah Kabupaten Landak, melibatkan sebanyak 400 responden yang punya hak pilih dan margin of error sebesar + 4,90% pada tingkat kepercayaan 95%.

Metode penarikan sampel adalah multistage random sampling dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner.

“Sebanyak 71,5% masyarakat merasa puas dengan kinerja Karolin Margret Natasa saat menjabat sebagai Bupati Kabupaten Landak 2017-2022. Yang menyatakan tidak puas (hanya) 19.3%,” ucap Christopher, sabtu (21/09/24).

Sejumlah temuan lainnya dari survei, sebanyak 76.5% calon pemilih telah mengetahui atau pernah mendengar berita / informasi bahwa pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Landak akan dilaksanakan pada 27 November 2024. Dan sebanyak 17% menyatakan tidak tahu/tidak pernah mendengar.

Karolin Margret Natasa unggul dengan elektabilitas sebesar 47% dari Heri Saman yang dipilih 23.5%. Pemilih yang menyatakan tidak akan memilih, rahasia, belum memutuskan dan tidak tahu atau tidak jawab sebanyak 29.5% dengan calon pemilih akan ikut memilih pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Landak pada Pilkada nantinya Sejumlah 83.5%, sedangkan yang tidak akan ambil bagian dalam pemilihan cuma 5%.

Untuk calon Wakil Bupati Landak Erani juga unggul dengan tingkat keterpilihan 28.5% dari Vinsensius yang dipilih 16.3%. Pemilih yang menyatakan tidak akan memilih, rahasia, belum memutuskan, dan tidak tahu atau tidak jawab sebanyak 55.3%.

Kabupaten Landak merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat yang berdiri pada tahun 1999 sebagai pemekaran dari Kabupaten Mempawah dengan jumlah penduduk pada tahun 2024 mencapai 413.588 (BPS, 2024) tersebar di 13 kecamatan. (*)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Karolin Apresiasi Peresmian Paroki Kuala Behe Untuk Dekatkan Pelayanan Kepada Umat Katolik

KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Uskup Agung Pontianak Monsinyur (Mgr) Agustinus Agus meresmikan dan melaksanakan serah …