Kamis , 19 September 2024
Home / NEWS / Cornelis Ikut Kunjungan Kerja DPR RI ke Fiji

Cornelis Ikut Kunjungan Kerja DPR RI ke Fiji

Anggota DPR RI, Cornelis dan Dubes RI untuk Fiji, Dupito Darma Simamora

 

KALIMANTAN TODAY, FIJI- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Cornelis mengikuti Kunjungan Kerja DPR RI ke Fiji, dan bertemu dengan Ketua Parlemen Fiji, Hon. Ratu Naiqama Lalabalavu, dan Anggota Standing Committee on Foreign Affairs Parlemen Fiji, pada  3 September 2024 di kota Suva.

Menurut Cornelis pertemuan tersebut bertujuan untuk memperkuat hubungan bilateral antara Parlemen Indonesia dan Fiji sebagai bagian dari upaya bersama dalam memperkuat interaksi antar masyarakat kedua negara, dan dengan kawasan Pasifik.

“Kunjungan kerja ini juga merupakan tindak lanjut dari pertemuan bilateral Anggota Parlemen kedua negara dalam rangka Indonesia-Pacific Parliamentary Partnership (IPPP) kedua yang diselenggarakan pada Juli 2024 lalu di Indonesia,” tuturnya.

Dua belas negara kepulauan pasifik berkumpul di Jakarta, membahas berbagai metode untuk memupuk rasa saling pengertian, saling menghormati, dan merumuskan kerja sama konkrit di kawasan Pasifik.

Ketua Parlemen Fiji, Hon. Lalabalavu menyampaikan apresiasinya kepada Indonesia yang berhasil menjadi tuan rumah IPPP, dimana Ketua DPR telah memimpin delegasi parlemen Fiji untuk juga melakukan pendekatan dengan mitra parlemen Indonesia dan Sekretaris Jenderal Melanesian Spearhead Group guna meningkatkan kerja sama di sub-kawasan Pasifik.

Rombongan Delegasi RI berkunjung ke Fiji

 

Anggota DPR RI yang didampingi Duta Besar RI untuk Fiji, Bapak Dupito D. Simamora, juga ikut menyaksikan sidang parlemen.  Dalam sesi sidang tersebut, Ketua menyampaikan bahwa kerja sama di Samudera Pasifik adalah soal bagaimana RI-Fiji dapat saling mendukung karena banyak hal yang bisa dipelajari dari Indonesia.

Saat ini kedua negara telah secara progresif mengembangkan berbagai sektor termasuk pertukaran antar masyarakat, pelatihan teknis, pengembangan sumber daya manusia, pertahanan, kepolisian, pertanian, manajemen bencana, kehutanan, dan perikanan. Persahabatan abadi Fiji-Indonesia melalui pemerintahan dan parlemen terus menguat, memupuk saling pengertian dan mencapai prestasi sejak tahun 1974.

Pada kunjungan Kerjasama bilateral antar parlemen Indonesia-Fiji itu, dipimpin oleh Ketua Delegasi DPR RI, Mohammad Muraz, didampingi oleh 11 anggota delegasi lainnya. Di antaranya Cornelis dari komisi VII Fraksi PDIP, Heru Sudjatmoko dari komisi II Fraksi PDIP, Ananta Wahana komisi VI fraksi PDIP, Novri Ompusunggu komisi III fraksi PDIP, Aida Muslimah dari komisi II fraksi PDIP, Riyanta dari komisi II fraksi PDIP,  Irmadi Lubis dari komisi I fraksi PDIP, Djarot Saiful Hidayat dari komisi IV fraksi PDIP, Agung Widyantoro dari komisi II Fraksi Partai Golkar, Rahmad Handoyo dari komisi IX fraksi Partai Golkar, dan Ongku P Hasibuan dari komisi II fraksi Partai Demokrat.

Dalam kunjungan tersebut Tim Delegasi juga bertemu dengan Warga Negara Indonesia (WNI) di KBRI Suva. (KT)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Sekretaris Dinkes Sanggau: Program Integrasi Layanan Primer Butuh Tiga Dukungan

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Sanggau, Najori menyebut Program Integrasi Layanan Primer (ILP) …