Kamis , 19 September 2024
Home / NEWS / Kadis Kominfo Sanggau: Jangan Cari Pemimpin yang Gunakan Isu SARA

Kadis Kominfo Sanggau: Jangan Cari Pemimpin yang Gunakan Isu SARA

Foto—Kadis Kominfo Sanggau, Joni Irwanto menyampaikan materi di acara sosialisasi pengawasan partisipatif yang digagas Bawaslu Sanggau—ist

 

KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sanggau, Joni Irwanto memberi tips dalam memilih pemimpin Sanggau ke depan.

Hal itu ia ungkapkan ketika menjadi pembicara di acara pengawasan partisipatif yang digelar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sanggau belum lama ini. Ia mengatakan tiga pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Sanggau yang bakal maju di Pilkada 2024 merupakan putra-putri terbaik Sanggau.

“Pertama, cari pemimpin yang punya visi dan misi untuk menyejahterakan masyarakat. Ibu-ibu keinginannya kan sederhana, bagaimana harga sembako terjangkau, anak-anak bisa sekolah tanpa harus berpikir seragam sekolah, sepatu dan lain sebagainya, jalan bagus, bayar ini itu murah. Bisa tidak bakal calon ini membuat itu semua menjadi kenyataan,” ujar Joni.

Ia juga mewanti-wanti agar tak memilih calon pemimpin yang menggunakan isu Suku, Agama, Ras, dan Antara golongan (SARA).

“Bukan zamannya lagi. Kita ini sudah masuk berada di zaman geopolitik dunia yang bicara isi kepala, ide-ide kreatif. Bukan lagi bicara ras, ini takdir Tuhan yang bukan ranah kita untuk membahasnya,” sambungnya.

Kedua, lanjut Joni, pilih pemimpin yang memiliki etika.Bukan sekedar janji politik, tapi dia harus mampu mengimplementasikan janji politiknya untuk masyarakat.

Ketiga, pilih pemimpin yang punya integritas, jujur dan amanah. Ini bisa dilihat dari rekam jejaknya.

“Ketiga (pasangan calon ) ini mungkin sebagian orang Sanggau sudah tahu, sudah kenal. Pilihlah sesuai keyakinan kita bahwa mereka yang kita pilih mampu membawa perubahan untuk Sanggau lebih baik ke depannya,” sebutnya.

Ke empat, pilih pemimpin yang punya kapabilitas. Bagaimana kemampuan bakal calon ini untuk mengeksploitasi kemampuannya secara baik, termasuk sumber daya yang dimiliki untuk memajukan Sanggau.

“Sumber daya alam yang dimiliki Sanggau sangat luar biasa besar. Seorang pemimpin harus punya ide yang kreatif dan inovatif bagaimana memanfaatkan sumber daya alam itu sepenuhnya untuk menyejahterakan masyarakat,” pungkasnya. (Ram)

Tentang Redaksi

Cek Juga

Sekretaris Dinkes Sanggau: Program Integrasi Layanan Primer Butuh Tiga Dukungan

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Sanggau, Najori menyebut Program Integrasi Layanan Primer (ILP) …