Senin , 16 September 2024
Home / NEWS / 33 Desa di Kabupaten Sanggau Bakal Dapat Tambahan Dana

33 Desa di Kabupaten Sanggau Bakal Dapat Tambahan Dana

Foto—Sekretaris DPM-Pemdes Sanggau, Eddy Santana

 

KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Kabar gembira. Kabupaten Sanggau menjadi salah satu kabupaten yang akan mendapat tambahan Dana Desa dari Kementerian Keuangan. Demikian disampaikan Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPM Pemdes) Kabupaten Sanggau, Eddy Santana, Jumat (06/09/2024)

Ia mengatakan tambahan dana desa tersebut sebagai bentuk apresiasi kinerja pemerintahan desa yang dianggap terbaik, di antaranya kinerja pemerintah desa dalam perencanaan, pengelolaan keuangan desa, dan penyediaan layanan publik yang lebih partisipatif, transparan, akuntabel dan inklusif.

Kemudian juga keselarasan prioritas pembangunan desa dengan prioritas kabupaten/kota dan efektivitas pembinaan dan pengawasan kinerja sektor di tingkat desa.

Rincian desa yang mendapat tambahan dana termaktub dalam keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 352 tahun 2024 tentang rincian insentif desa setiap desa tahun anggaran 2024 mendapatkan bantuan tambahan Dana Desa.

“Untuk Kabupaten Sanggau, dari 163 desa, 33 di antaranya yang mendapatkan dana tersebut. Besarannya masing-masing desa mendapatkan Rp 120.430.000,” ungkap Eddy Santana.

Ia mengungkapkan, tahun ini saja Kementerian Keuangan telah menggelontorkan dana Rp 2 triliun untuk insentif desa yang akan dibagikan kepada 15.124 desa berdasarkan kriteria kinerja pemerintahan desa. (Ram)

Tentang Redaksi

Cek Juga

Dinas Kesehatan Sanggau Mulai Terapkan Integrasi Layanan Primer

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Mulai tahun 2024, sebanyak 95 Puskesmas Pembantu (Pustu) yang tersebar di 15 …