Senin , 16 September 2024
Home / NEWS / Gelar Sosialisasi dan Bimtek, Upaya Pemda Sanggau Tingkatkan Jumlah Pelaku Usaha

Gelar Sosialisasi dan Bimtek, Upaya Pemda Sanggau Tingkatkan Jumlah Pelaku Usaha

Foto—Pj. Bupati Sanggau, Suherman mengalungkan tanda peserta pada perwakilan peserta Bimtek, Rabu (31/07/2024)—Diskominfo Sanggau

 

KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Pemda Sanggau menggelar sosialisasi sekaligus bimbingan teknis (Bimtek) terkait penyelenggaraan perizinan berusaha berbasis risiko dan investasi di Aula Kantor Camat Kapuas, Rabu (31/07/2024).

Pj. Bupati Sanggau, Suherman yang membuka acara tersebut mengatakan, Bimtek dan sosialisasi tersebut merupakan tindak lanjut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 5 Tahun 2021 tentang penyelenggaraan perizinan berusaha berbasis risiko.

“Juga berkaitan dengan Peraturan Menteri (Permen) Investasi Nomor 2 Tahun 2023,” kata Suherman.

Ia menegaskan, Bimtek dan sosialisasi merupakan kegiatan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pelaku usaha terkait kegiatan pelaksanaan penanaman modal. Tujuannya meningkatkan jumlah pelaku usaha yang memiliki perizinan yang terdaftar secara online melalui online single submission risk based approace (OSS-RBA).

Selain itu, meningkatkan jumlah pelaku usaha dalam melakukan migrasi izin usaha dan bidang usahanya ke versi OSS-RBA serta mendapat manfaat dari kepemilikan nomor induk berusaha.

Suherman juga berharap pelaku usaha memahami ketentuan penanaman modal dan teknis perizinan berusaha sehingga perizinan yang dimiliki telah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Dikatakannya, OSS-RBA merupakan perizinan berusaha yang diberikan pada pelaku usaha untuk memulai dan menjalankan kegiatan usahanya yang dinilai melalui tingkat risiko kegiatan usaha sebagaimana diatur dalam PP dan Permen.

“Dalam sistem OSS-RBA, akan dinilai dari permohonan perizinan berusaha pada tingkat risiko dan besaran skala kegiatan usaha,” ujarnya.

Tingkat risiko usaha dalam OSS-RBA, dikelompokkan menjadi empat tingkatan yakni kegiatan usaha tingkat risiko rendah, menengah rendah, menengah tinggi dan risiko tinggi. Sedangkan untuk skala usaha dibagi menjadi mikro, kecil, menengah dan besar.

“Melalui sistem OSS-RBA, para pelaku usaha yang berbentuk badan usaha maupun perorangan dapat dengan mudah mengurus proses perizinan secara mandiri. Mari optimalkan, guna mendorong peningkatan percepatan pelayanan perizinan di Sanggau,” harapnya. (Ram)

Tentang Redaksi

Cek Juga

Meski Miliki 7 Agen dan 355 Pangkalan, Kebutuhan Ideal LPG 3 Kg di Sanggau Belum Terpenuhi

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Penjabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman membeberkan sejumlah persoalan menyangkut distribusi LPG 3 …