Senin , 16 September 2024
Home / NEWS / Desa Sungai Batu Wakili Kabupaten Sanggau di Tingkat Provinsi

Desa Sungai Batu Wakili Kabupaten Sanggau di Tingkat Provinsi

Foto—Eddy Santana, Sekretaris DPM Pemdes Kabupaten Sanggau

 

KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Desa Sungai Batu, Kecamatan Kapuas dipilih mewakili Kabupaten Sanggau dalam lomba Desa Berkinerja Baik dalam Percepatan Penurunan Stunting tingkat Provinsi Kalimantan Barat.
Hal itu diungkapkan Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPM Pemdes) Kabupaten Sanggau, Eddy Santana, Selasa (30/07/2024).

“Kita saat ini untuk Kabupaten Sanggau diminta untuk mengirimkan nama desa yang berkinerja baik dalam percepatan penurunan stunting. Ini merupakan salah satu program pemerintah pusat, melalui Kementerian Daerah Tertinggal dan Transmigrasi melalui surat Ditjen Bangdes,” kata Eddy.

Ia menuturkan, se-Indonesia diminta mengajukan salah satu desa yang kemudian bisa menjadi pilot project dan bahan replikasi, untuk bagaimana desa-desa lainnya melakukan konvergensi terharap penurunan stunting di daerah masing-masing.

“Di Kabupaten Sanggau itu sebenarnya terdapat 11 desa yang memenuhi kriteria penilaian. Dari 11 desa ini kita memutuskan Desa Sungai Batu untuk menjadi perwakilan Kabupaten Sanggau untuk mengikuti lomba penilaian desa berkinerja baik tingkat provinsi,” ungkap Eddy.

Alasannya, lanjut Eddy, berdasarkan penilaian dan evaluasi dari tahun-tahun sebelumnya, Sungai Batu salah satu desa yang berperan aktif dan berpartisipasi aktif dalam penurunan stunting.

“Baru-baru ini kita juga melaksanakan Posyandu serentak difokuskan di Desa Sungai Batu,” ujarnya.

Eddy menyebut, tujuan lomba tersebut agar bagaimana memanfaatkan sumber daya maupun Dana Desa secara maksimal terhadap konvergensi penurunan stunting.

“Harapannya seluruh desa di Indonesia berperan aktif. Jika dulunya kegiatan penanganan stunting ini tidak menjadi fokus, hanya sekedarnya saja, mudah-mudahan dengan adanya lomba ini, desa-desa berlomba-lomba meningkatkan pelayanan, segala sesuatu yang berkaitan dengan penurunan stunting ini,” terangnya.

“Makanya di tahun ini, kita wajibkan semua desa untuk melaksanakan rembuk stunting di tingkat desa,” tambah Eddy. (Ram)

Tentang Redaksi

Cek Juga

Meski Miliki 7 Agen dan 355 Pangkalan, Kebutuhan Ideal LPG 3 Kg di Sanggau Belum Terpenuhi

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Penjabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman membeberkan sejumlah persoalan menyangkut distribusi LPG 3 …