Minggu , 8 September 2024
Home / NEWS / Tiga Bahaya yang Mengintai di Musim Kemarau, Waspada!

Tiga Bahaya yang Mengintai di Musim Kemarau, Waspada!

Foto—Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Ginting

 

 

KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Musim kemarau yang melanda Kabupaten Sanggau, dalam beberapa pekan belakangan sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh. Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Sanggau, Ginting mengingatkan bahaya yang mengintai di musim kemarau.

Ia menjelaskan, setidaknya ada tiga perubahan kondisi saat musim kemarau. Pertama, suhu udara meningkat, potensi penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) meningkat juga karena nyamuk semakin sering menggigit pada suhu tinggi di banding suhu rendah.

Kedua, ketika kemarau, kualitas udara rendah. Banyak debu dan polusi lainnya sehingga berdampak pada penyakit ISPA, batuk, pilek dan gangguan tenggorokan lainnya

Ketiga, pada musim kemarau terjadi penurunan kualitas sanitasi dan akses air bersih sehingga berpotensi menimbulkan penyakit diare, leptospirosis, kolera dan penyakit kulit.

Karenanya, ia mengimbau masyarakat disiplin menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Mencegah, tegas Ginting, lebih baik dari pada mengobati.

“Tetap melakukan pemberantasan sarang nyamuk, banyak minum air putih, pakai masker bila perlu, olahraga dan istirahat yang cukup. Jika ada gangguan kesehatan langsung kunjungi pelayanan kesehatan terdekat,” terangnya, Jumat (19/07/2024). (Ram)

Tentang Redaksi

Cek Juga

Karolin Ganti Sepeda Motor Relawan yang Hilang Saat Pendaftaran ke KPU

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Seorang relawan KREN, mengalami insiden kehilangan sepeda motor saat mengikuti …