Minggu , 8 September 2024
Home / NEWS / Aman dan Efisien Bertransaksi, Plt. Bupati Sanggau Luncurkan Aplikasi CMS Desa

Aman dan Efisien Bertransaksi, Plt. Bupati Sanggau Luncurkan Aplikasi CMS Desa

Foto—Pj. Bupati Sanggau, Suherman di acara peluncuran aplikasi CMS Desa, Kamis (18/07/2024)—Diskominfo Sanggau

 

KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Penjabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman resmi meluncurkan aplikasi Cash Management System (CMS) atau pembayaran non tunai Desa, Kamis (18/07/2024) di aula Hotel Garden Palace, Kota Sanggau.

Dalam sambutannya, Suherman mengatakan CMS atau pembayaran non tunai bertujuan mewujudkan tata kelola keuangan yang transparan, akuntabel, dan partisipatif di Pemerintahan Desa.

“Pemerintah Kabupaten Sanggau melaui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa bekerja sama dengan Bank Kalbar telah menyediakan fasilitas berbasis teknologi yakni CMS,” katanya.

Aplikasi CMS (Cash Management System) merupakan aplikasi berbasis web yang dapat memberikan beberapa manfaat kepada Pemerintah Desa selaku pengguna agar merasa aman, dan efisien dalam pengelolaan transaksi keuangan desa.

“Saya menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang sinergis ini, yang saya harap mampu meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan desa,” ujar Suherman.

Menurutnya implementasi transaksi non tunai pada Pemerintah Desa merupakan langkah strategis yang tepat. Mengingat sistem ini dapat memastikan semua pengeluaran dan pemasukan tercatat secara elektronik, sehingga mendorong dan mempercepat terwujudnya tertib administrasi dalam pengelolaan keuangan desa.

”CMS Desa ini merupakan salah satu instruksi dari Mendagri, Gubernur Kalimantan Barat, dan Bank Indonesia dalam rangka percepatan transaksi non tunai di lingkungan Pemerintah Daerah, sehingga pada Tahun 2024 ini seluruh Pemerintah Desa yakni 163 Desa yang ada di 15 Kecamatan Kabupaten Sanggau diwajibkan menerapkan CMS Desa untuk pelaksanaan transaksi pembayaran,” bebernya. (KiA/Diskominfo Sanggau)

Tentang Redaksi

Cek Juga

Karolin Ganti Sepeda Motor Relawan yang Hilang Saat Pendaftaran ke KPU

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Seorang relawan KREN, mengalami insiden kehilangan sepeda motor saat mengikuti …