Rabu , 24 April 2024
Home / NEWS / Alipius: Bawaslu Harus Pastikan Tahapan, Mekanisme dan Prosedur Kepemiluan Berjalan Lancar

Alipius: Bawaslu Harus Pastikan Tahapan, Mekanisme dan Prosedur Kepemiluan Berjalan Lancar

Foto–Ketua Bawaslu Ka upatrn Sanggau, Alipius membuka acara Rakor Pengawasan Verifikasi Faktual Partai Politik Peserta Pemilu 2024, Senin (17/10/2022) di Hotel Emerald Sanggau–Kiram Akbar

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sanggau menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Verifikasi Faktual Partai Politik Peserta Pemilu 2024, Senin (17/10/2022). Rakor tersebut dihadiri perwakilan partai politik dan para jurnalis di Kabupaten Sanggau.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu KabupatenSanggau, Alipius menegaskan, Pemilu demokratis hanya bisa diwujudkan dengan peran aktif masyarakat mengawasi seluruh tahapan Pemilu.

“Kerja-kerja pengawasan pemilu tidak terlepas dari kerjasama kita semua, termasuk partai politik dan juga media massa yang kami harapkan bisa menjadi corong informasi menyampaikan kepada masyarakat,” ujar Alipius.

Bawaslu, lanjut dia, sebagaimana fungsi pengawasannya yang diatur undang-undang, memastikan bahwa pelaksanaan tahapan pemilu bisa berjalan sebagaimana mestinya.

“Bawaslu harus memastikan bahwa tahapan, mekanisme dan prosedur kepemiluan bisa berjalan sebagaimana mestinya. Maka ada kalanya kami berbeda pendapat dengan KPU dan itu sesuatu yang wajar. Oleh karena itu memang Rakor seperti ini penting untuk menyatukan pemahaman agar pelaksaan pemilu dapat berjalan denokratis sesuai harapan kita brrsama,” ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Sanggau, Sukur menyampaikan, peserta yang mengikuti Rakor ini selain Bawaalu juga partai politik dan media massa.

“Untuk narasumber dari Kepala bidang Pelayanan Pendaftaran Kependudukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sanggau, Nicodemus dan Iis Supianto Komisioner KPU Kabupaten Sanggau.

“Saya berharap peserta yang mengikuti rakor hari ini saya harapkan dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan terumata materi yang disampaikan para nara sumber untuk meningkatkan pemahaman kita terkait pengawasan verifikasi faktual partai politik peserta pemilu 2924 dan hal-hal lain terkait kepemiluan,” pungkasnya.(ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Cek Bangunan RSUD M.Th Djaman yang Baru, Pj Bupati: Target Tahun Ini Pindah

    KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Penjabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman melakukan pengecekan pada gedung RSUD M.Th, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *