Sabtu , 20 April 2024
Home / BENGKAYANG / Tingkatkan Layanan kesehatan, RSUD Bengkayang Jalani Survey Akreditasi

Tingkatkan Layanan kesehatan, RSUD Bengkayang Jalani Survey Akreditasi

 

KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bengkayang tengah menjalani survey akreditasi, yang dilangsungkan pertanggal 24 hingga 27 Agustus 2022 ini.

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis yang menjelaskan bahwa survey akreditasi itu dilaksanakan dengan mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2020 Tentang Akreditasi Rumah Sakit.

“Akreditasi Rumah Sakit adalah pengakuan terhadap mutu pelayanan Rumah Sakit. Ini dilakukan guna melakukan penilaian apakah Rumah Sakit kita telah memenuhi Standar Akreditasi atau tidak,” jelas Darwis, Jumat (26/8).

Bupati Darwis juga menjelaskan, standar Akreditasi yang dilakukan ini merupakan pedoman yang berisi tingkat pencapaian yang harus dipenuhi oleh rumah sakit dalam meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien.

Disamping itu, Darwis juga mengungkapkan, tujuan dilakukannya survey akreditasi terhadap RSUD Bengkayang adalah untuk mencapai beberapa target. Diantaranya pertama, meningkatkan mutu pelayanan Rumah Sakit secara berkelanjutan dan melindungi keselamatan pasien Rumah Sakit. Kedua, untuk meningkatkan perlindungan bagi masyarakat, sumber daya manusia di Rumah Sakit, dan Rumah Sakit sebagai institusi.

Tujuan ketika, untuk meningkatkan tata kelola Rumah Sakit dan tata kelola klinis. Serta keempat, guna mendukung program pemerintah di bidang kesehatan.

“Sementara untuk pelaksanaan penilaian Akreditasi nantinya akan dilakukan oleh lembaga independen penyelenggara Akreditasi yaitu KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit),” terangnya.

“Untuk kegiatannya, difokuskan untuk melakukan survey akreditasi dan penetapan status akreditasi,” sambungnya.

Lebih jauh, Bupati Darwis mengungkapkan, pelaksanaan survey akreditasi ini merupakan salah satu bentuk komitmen Pemda Bengkayang dalam mendukung peningkatan mutu pelayanan kesehatan, khususnya di RSUD Bengkayang.

Dia juga memastikan kesiapan Pemda Bengkayang guna menjadikan RSUD Bengkayang RS nantinya sebagai rujukan bagi Kabupaten lain. Terutama bagi Kabupaten yang berdekatan dengan Kabupaten Bengkayang.

“Kita siap memfasilitasi demi mencapai target itu. Termasuk untuk mendukung berbagai hal yang dibutuhkan,”

“Kita fokuskan juga kedepan untuk meningkatkan Sarana Prasarana/Alkes dan fasilitas penunjang sebagainya. Meningkatkan SDM tenaga medis, paramaedis dan nakes lainnya. Serta Pengembangan Layanan Baru,” pungkasnya. (Titi).

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Karolin Dan Keluarga Laksanakan Misa Malam Paskah di Ngabang

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Bupati Landak periode 2017-2022 Karolin Margret Natasa dan keluarga melaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *