Jumat , 26 April 2024
Home / LANDAK / Pj Bupati Landak Buka Bakti Sosial Bibir Sumbing Kabupaten Landak Tahun 2022

Pj Bupati Landak Buka Bakti Sosial Bibir Sumbing Kabupaten Landak Tahun 2022

 

KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Pj. Bupati Landak Samuel membuka secara langsung kegiatan Bakti Sosial Bibir Sumbing Kabupaten Landak Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh RSUD Kabupaten Landak bekerjasama dengan Yayasan Sosial Kemanusiaan Karya Hati Insani Semarang dari tanggal 25-26 Juli 2022, di halaman RSUD Kabupaten Landak. Senin (25-07-2022).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pimpinan yayasan Karya Hati Insani, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Landak, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (SP3AKB) Kabupaten Landak, Direktur RSUD Kabupaten Landak, dan para tamu undangan lainnya.

Di kesempatan tersebut, Pj. Bupati Landak Samuel mengatakan bibir sumbing merupakan kelainan yang dapat dilihat dari adanya celah di bibir serta langit mulut. Kelainan ini merupaka kondisi cacat bawaan sejak lahir akibat jaringan rahang dan hidung yang tidak menyatu secara sempurna.

“Operasi bibir sumbing adalah bedah yang dilakukan untuk mengatasi bibir sumbing. Operasi bibir sumbing umumnya dapat dilakukan pada bayi berusia 3-12 bulan dan dapat dilakukan beberapa kali untuk menutup sumbingnya secara sempurna,” ujar Samuel.

Lebih lanjut Samuel menuturkan bahwa operasi bibir sumbing ini harus dilakukan kepada anak penderita bibir sumbing karena dapat mengganggu proses makan, menyusui, dan berbicara.

“Selain itu, mereka juga dapat mengalami gangguan pendengaran dan infeksi telinga karena penumpukan cairan di dalam telinga. Anak penderita bibir dan langit-langit sumbing juga lebih mudah mengalami pembusukan gigi akibat perkembangan gigi yang tidak sempurna,” jelas Samuel.

Samuel berharap pelaksanaan Bakti Sosial Bibir Sumbing Kabupaten Landak Tahun 2022 ini dapat berjalan dengan lancar serta memperoleh hasil maksimal.

“Saya juga berharap kegiatan ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan derajat kesehatan di Kabupaten Landak,” tutup Samuel.

( Ril/Diskominfo Kab. Landak )

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Pj Bupati Sanggau Hadiri Panen Perdana PSR

KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Sanggau, Suherman menghadiri panen perdana Program Sawit Rakyat (PSR) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *