Rabu , 10 Agustus 2022
Home / BENGKAYANG / KPU Bengkayang ikut Nobar Peluncuran tahapan Pemilu serentak 2024

KPU Bengkayang ikut Nobar Peluncuran tahapan Pemilu serentak 2024

KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkayang mengikuti nonton bareng (Nobar) kegiatan Peluncuran Tahapan Pemilu Serentak 2024 bertempat di Kantor KPU Kabupaten Bengkayang, jalan Guna Baru Trans Rangkang, Bengkayang, Selasa Malam.

Kegiatan peluncuran ini dilaksanakan oleh KPU Republik Indonesia (RI) langsung dari Kantor KPU pusat, serta dikuti oleh seluruh KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota seluruh Indonesia termasuk KPU Kabupaten Bengkayang secara virtual.
Peluncuran Tahapan Pemilu dilaksanakan dengan menekan sirine sebagai tanda bahwa tepat hari ini tahapan Pemilu Serentak 2024 dimulai. Sesuai dengan amanat pada Pasal 167 Ayat (6) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum bahwa tahapan Pemilu dimulai paling lambat 20 bulan sebelum hari pemungutan suara.
Peluncuran Tahapan Pemilu Serentak 2024 tersebut berlangsung mulai pukul 19.00 WIB sampai dengan pukuk 21.00 WIB yang dihadiri oleh Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Bengkayang, perwakilan Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bengkayang, Sekretaris KPU Kabupaten Bengkayang dan jajaran.

Ketua KPU Kabupaten Bengkayang, Musa Jairani menyampaikan, setelah peluncuran tahapan ini KPU Bengkayang sendiri akan memulai berbagai persiapan sesuai dengan jadwal yang sudah ada. Meskipun itu sudah dan sedang berlangsung. Ia juga katakan, KPU Bengkayang siap melaksanakan dan mensukseskan perhelatan demokrasi serentak tahun 2024.

“Hari ini tepat 20 bulan sebelum hari pemungutan suara dalam hitungan hari yaitu 610 hari menjelang pemungutan suara, untuk itu kami meminta dukungan kepada semua pihak untuk ikut serta mensukseskan Penyelengaraan Pemilu Serentak 2024,” ucap Musa.

Sebelumnya, Musa juga memastikan, bahwa pihaknya sudah melakukan beberapa langkah persiapan jelang perhelatan Pemilu 2024 mendatang. Diantaranya seperti penguatan sumber daya manusia (SDM), hingga konsolidasi yang dilakukan secara internal.

“Ada beberapa yang sudah kita lakukan, khususnya jelang persiapan Pemilu, di wilayah Bengkayang. Dalam hal ini, berbagai persiapan yang kita lakukan menyesuaikan dengan yang diberlakukan KPU tingkat Provinsi, yang kemudian diikuti oleh KPU tingkat kabupaten/kota, dan termasuklah kita di kabupaten Bengkayang,” terangnya.

Selain penguatan SDM, konsolidasi dan koordinasi yang terus dibangun, KPU juga telah mematangkan kesiapan di internal seperti menyesuaikan ketersediaan struktur organisasi yang diperlukan.

“Dimana sampai saat ini kita sudah menyiapkan beberapa bidang yang nantinya bakal bertugas sesuai tupoksi masing-masing. Mulai dari Kasubag, hingga staf di masing-masing bagian juga sudah terisi,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan, adanya beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penghambat selama persiapan Pemilu dilakukan. Seperti diantaranya yang kerap terjadi adalah terkait progres data dan juga wilayah geografis, terutama untuk menjangkau daerah terpencil.

Disisi lain, Musa juga membeberkan sesuai dengan arahan KPU RI, pihaknya juga akan merekrut tenaga outsourcing untuk tambahan tenaga. Hal itu, dinilainya dibutuhkan mengingat gelaran Pileg Pilpres sangat berat dan membutuhkan tenaga ekstra.

“Yang jelas sampai saat ini, kita terus melakukan komunikasi dan sinergitas dengan sejumlah pihak terkait. Mulai dari pemda Bengkayang, Banpol untuk mengetahui informasi terkait aktivitas Parpol, kemudian Disdukcapil berkaitan dengan pengembangan data penduduk yang masuk kriteria untuk menyalurkan suara, dan sebagainya,” ungkapnya.

Musa berharap, pesta demokrasi serentak tahun 2024 nantinya dapat berjalan lancar, aman dan demokratis. (Titi).

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Presiden Jokowi tiba di Bengkayang bagikan bantuan langsung pada warga

  KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG – Usai melakukan peresmian Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak, kabupaten Mempawah, Selasa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *