Senin , 6 Februari 2023
Home / NEWS / Kadinkes Sanggau: Banjir Menurun, Tapi Penyakit Bisa Meningkat

Kadinkes Sanggau: Banjir Menurun, Tapi Penyakit Bisa Meningkat

Foto—Kadinkes Sanggau, Ginting

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Tiga pekan lebih banjir menggenang Kabupaten Sanggau. Meski air mulai turun, namun genangan air masih terjadi di banyak lokasi. Pasca banjir, ancaman penyakit pun mengintai.

“Banjir menurun tetapi penyakit bisa meningkat. Ada beberapa penyakit yang bisa muncul pasca banjir. Hal ini karena sumber penyakit seperti Bakteri, parasit dan mikroba lainnya bertambah. Juga berbagai kotoran termasuk kotoran hewan bisa mencemari tubuh, pencemaran lingkungan, peralatan-peralatan yang kita pakai untuk makan dan minum juga sampah yang ada sekitar kita,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Ginting, Kamis (18/11/2021).

Ia mengatakan beberapa penyakit yang perlu diwaspadai pasca banjir antara lain: diare, ISPA, gastritis, demam berdarah, typus, sakit kulit dan leptospirosis. Masyarakat, terutama yang terdampak banjir, diminta waspada.

“Untuk pencegahan , sampah segera buang , bersihkan lantai dan dinding dan peralatan, perlu dilakukan desinfektasi, cegah luka terbuka kena air banjir, hindari kelembaban, segera keringkan kursi, kasur, masak air sampai mendidih, atau air mineral, dan konsumsi vitamin,” bebernya.

Jika ditemukan gejalan, kata Ginting, segera minta penanganan ke tenaga-tenaga kesehatan. “Waspada gejala deman, sering BSB, mual, sakit kepala, hilang nafsu makan,” ingatnya. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Kasat Pol Air dan Kapolsek Putussibau Selatan Diganti

  KALIMANTAN TODAY, KAPUAS HULU- Satu Kepala Satuan dan Kepala Polisi Sektor (Kapolsek) di Polres …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *