Sabtu , 20 April 2024
Home / BENGKAYANG / Kapolres Ajak Stakeholder Berantas PETI

Kapolres Ajak Stakeholder Berantas PETI

 

KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG – Kapolres Bengkayang, AKBP Arif Agung Winarto memastikan pihaknya bakal terus berupaya memberantas para penambang emas tanpa izin (PETI) di wilayah hukum Polres Bengkayang. Dalam mewujudkan upaya pemberantasan tersebut, diharapkan juga mendapat dukungan dan dilakukan oleh stakeholder terkait di Kabupaten Bengkayang.

Arif turut menyampaikan mengenai penanganan PETI di wilayah kabupaten Bengkayang saat ini sudah dilakukan. Termasuk diantaranya melakukan rapat koordinasi oleh Polda Kalbar beserta Pemerintah dan DPRD Provinsi Kalbar.

“Dari pertemuan tersebut diharapkan ada solusi bersama. Peranan pemerintah daerah, harus jadi leading sector penanganan PETI. Solusi efektif bagaimana PETI jadi kegiatan pertambangan rakyat ramah lingkungan dan bisa diawasi,” ungkapnya, Rabu (27/10).

“Namun yang jelas kita tetap komitmen dalam pemberantasan PETI. Namun, upaya kegiatan pertambangan ilegal jadi pertambangan rakyat dan legal juga mesti diperhatikan bersama,” katanya.

Arif menuturkan, peran pemerintah daerah sangat penting. Karena dalam hal ini, Pemda mempunyai wewenang terutama dalam memberikan izin dan regulasi kegiatan pertambangan.

“Bagaimana legal formalnya agar jadi pertambangan rakyat. Kalau hanya ditindak secara hukum oleh kepolisian, tak akan menyelesaikan masalah. Akan berapa banyak oknum masyarakat yang terus masuk penjara,” paparnya.

Kedepan, Kapolres turut memastikan pihaknya akan terus merangkul pemda dan stakeholder lainnya. Terutama dalam penindakan menyangkut PETI. (TT).

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Karolin Dan Keluarga Laksanakan Misa Malam Paskah di Ngabang

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Bupati Landak periode 2017-2022 Karolin Margret Natasa dan keluarga melaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *