Rabu , 27 Oktober 2021
Home / NEWS / WHO Akui Virus Covid-19 dapat Menyebar Lewat Udara

WHO Akui Virus Covid-19 dapat Menyebar Lewat Udara

Virus Corona/Istimewa

 

Hal ini berlaku untuk virus Covid-19 asli dan varian Delta.

KALIMANTAN TODAY – Setelah berbulan-bulan mengumpulkan bukti ilmiah, WHO secara resmi mengakui penyebaran Covid-19 di udara pada April. Ini dapat terjadi ketika partikel virus tetap “tergantung di udara atau bergerak lebih jauh dari satu meter”.

Studi laboratorium menemukan partikel virus dapat bertahan di udara dalam bentuk aerosol hingga 16 jam.

Prof Raina Macintyre, kepala program penelitian biosekuriti di Institut Kirby Universitas New South Wales, mengatakan penularan melalui udara dalam ruangan tertutup dapat terjadi bahkan tanpa adanya kontak sekilas.

“Aerosol pernapasan terakumulasi dengan cara yang sama seperti terkumpulnya asap rokok,” jelasnya.

“Di ruangan tertutup di mana ventilasi tidak memadai, seseorang dengan infeksi bisa datang dan pergi, tetapi virusnya masih bertahan di udara. Jadi jika Anda berjalan melalui area itu dan menghirup udara itu, Anda bisa terinfeksi.”

Baik Macintyre maupun Baxter menunjukkan perlunya lebih fokus pada penularan melalui udara – khususnya saat musim dingin.

“Orang-orang masih terjebak dalam pola pikir pembersih tangan dan mencuci tangan, padahal sebenarnya pesan yang perlu kita sampaikan adalah udara yang Anda hirup,” kata Macintyre.

“Ventilasi membuat perbedaan. Jika Anda bersama orang, buka jendela. Jika Anda sedang mengendarai mobil bersama orang lain, buka jendelanya sedikit saja. Pakailah masker. Ini adalah udara bersama yang paling penting.”. (sumber:merdeka.com)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Sekda Bengkayang Minta Satgas Terpadu segera Inventarisasi Aset PTPN XIII

  KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG – Salah satu target kerja Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang seperti …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *