Jumat , 19 April 2024
Home / NASIONAL / Menkes: Mutasi Baru Covid-19 dari India & Afrika Selatan Sudah Masuk Indonesia

Menkes: Mutasi Baru Covid-19 dari India & Afrika Selatan Sudah Masuk Indonesia

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadiki/ Istimewa

 

KALIMANTAN TODAY – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengumumkan dua varian baru Covid-19 dari India dan Afrika Selatan sudah ke Indonesia. Budi mengatakan ada dua insiden varian Covid-19 dari India B.117 yang ditemukan di Jakarta.

“Sudah ada mutasi baru yang masuk yaitu mutasi dari India, ada 2 insiden yang sudah kita lihat dua-duanya di Jakarta dan satu incident untuk mutasi dari Afrika Selatan yang masuk, itu yang ada di Bali,” jelas Budi Gunadi dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (3/5).

“Jadi selain mutasi yang di Inggris yang sekarang ada 13 insiden sudah ada dua mutasi dari India masuk dan satu mutasi dari Afrika Selatan,” sambung dia.

Dia mengatakan dua varian Covid-19 ini merupakan kategori mutasi virus yang sangat diperhatikan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO). Pasalnya, dua varian virus ini memiliki tingkat penularan yang relatif lebih tinggi.

“Ini harus kita jaga mumpung masih sedikit karena mereka pasti akan segera menyebar karena penularannya relatif lebih tinggi daripada yang lain,” katanya.

Untuk itu, dia meminta agar testing, tracing (pelacakan), dan treatment dilakukan dengan disiplin. Selain itu, Budi mengingatkan masyarakat untuk disiplin protokol kesehatan, khususnya memakai masker.

“Apapun virusnya apapun mutasinya kalau kita disiplin protokol kesehatannya memakai masker mencuci tangan menjaga jarak Insyaallah harusnya penularan tidak terjadi,” ujar Budi. (Sumber: merdeka.com)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Karolin Dan Keluarga Laksanakan Misa Malam Paskah di Ngabang

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Bupati Landak periode 2017-2022 Karolin Margret Natasa dan keluarga melaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *