Sabtu , 20 April 2024
Home / HEADLINE NEWS / Pembayaran Belum Kelar, Warga Terdampak Pembangunan Jalan di Perbatasan Ancam Tutup Akses Jalan

Pembayaran Belum Kelar, Warga Terdampak Pembangunan Jalan di Perbatasan Ancam Tutup Akses Jalan

Foto—Bangunan di perbatasan Entikong yang terbengkalai karena belum dibayarkan Kementerian PUPR–ist.

 

SANGGAU. Pembayaran sisa bangunan yang terdampak akibat pembangunan jalan batas Serawak-Entikong-Balai Karangan-Kembayan sampai hari ini rupanya belum kelar. Sebanyak 161 warga terdampakpun menuntut pemerintah segera melakukan pembayaran.

“Pembayaran tahap pertama itu tahun 2017, kemudian Februari 2019 itu pembayaran terakhir, setelah itu sampai hari ini belum pembayaran lagi. Data BPN ada 161 pemilik hak yang belum dibayarkan,” kata satu di antara warga terdampak, Raden Nurdin kepada wartawan, Rabu, (7/4/2021).

Nurdin mengaku bersama warga terdampak lainnya baru saja menyelesaikan rapat dengan Balai Pelaksana Jalan Nasional Kalimantan Barat Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah III Provinsi Kalbar. Dalam rapat tersebut terungkap, pihak Balai Jalan Nasional sudah tiga kali mengajukan pembayaran melalui dana khusus kepada Kementerian PUPR.

“Kalau kami melihat Balai Pelaksana Jalan sudah bekerja, tinggal bagaimana penganggarannya lagi dari Kementerian PUPR. Sementera PUPR kan minta pakai dana sisa yang tersedia di Balai Pelaksana tapi anggaran yang tersedia tidak mencukupi, makanya mereka minta ada anggaran khusus dari Kementerian,” ungkap Nurdin.

Gelar Aksi ke DPR RI

Ia berharap ada kebijakan dari Kementerian PUPR menuntaskan pembayaran tersebut. Termasuk meminta persetujuan DPR-RI.

“Kami akan suarakan ini ke Komisi V DPR-RI untuk membuat mata anggaran baru dan khusus untuk melunasi pembayaran hak bangunan kami yang belum tuntas,” ungkapnya.

Jika belum dibayarkan, Nurdin bersama warga pemilik hak yang belum dibayarkan akan melakukan aksi penutupan akses jalan di perbatasan hingga aksi demo ke DPR-RI.

“Kami sebenarnya sangat mendukung Pemerintah Pusat yang membangun wilayah perbatasan. Kami berharap dari pembangunan itu kesejahteraan kami di perbatasan semakin baik. Boro-boro baik, hak kami atas tanah dan bangunan saja sejak 2017 belum dibayarkan. Pak Jokowi tolong dengarkan keluhan kami,” pungkasnya. (ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Karolin Dan Keluarga Laksanakan Misa Malam Paskah di Ngabang

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Bupati Landak periode 2017-2022 Karolin Margret Natasa dan keluarga melaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *