Kamis , 4 Maret 2021
Home / NASIONAL / Komisi II DPR RI Minta Pemerintah Lebih Tanggap Sikapi Situasi Bencana

Komisi II DPR RI Minta Pemerintah Lebih Tanggap Sikapi Situasi Bencana

Kondisi Banjir di Kota Ngabang Kabupaten Landak

 

LANDAK – Anggota DPR RI Komisi II Fraksi PDI Perjuangan Daerah Pemilihan Kalimantan Barat 1 Cornelis menyarankan pemerintah dalam hal ini BNPB, Kementerian Sosial dan instansi terkait untuk lebih tanggap lagi dalam menangani bencana yang saat ini terjadi di Indonesia dan harus melakukan gerak cepat dalam penanganannya terutama bantuan sembako.

“Saya menyarankan kepada Pemerintah untuk lebih tanggap lagi dalam menyikapi situasi bencana alam ini seperti bencana alam tsunami, banjir, gempa bumi dan tanah longsor sehingga harus gerak cepat, dan yang terpenting Kita harus menangani korban-korban yang banyak akibat bencana tersebut serta sangat memerlukan bantuan terutama yang memerlukan bantuan pangan,” terang Cornelis saat meninjau posko penanganan darurat banjir di Kabupaten Landak, Sabtu (16/01/21).

Di Kabupaten Landak saat ini sudah ada bantuan peralatan tanggap darurat dari Balai Pelaksana Prasarana Wilayah Kalimantan Barat yang membantu penangananan air bersih ataupun sanitasi di lokasi terdampak banjir. Cornelis meminta agar instansi lain juga dapat nbergerak cepat menurunkan bantuan ke wilayah-wilayah yang terdampak bencana.

“Seperti di Landak ini sudah ada bantuan dari Kemeterian PUPR dan Kemeterian Sosial yakni seperti air bersih, sanitasi dan dapur umum, untuk itu instansi yang masih belum berpartisipasi atau belum melaksanakan tugasnya agar segera membantu masyarakat Kita yang terdampak bencana. Karena apabila mengharapkan Kabupaten/kota atau Provinsi anggaran mereka juga terbatas, oleh karena itu pemerintah pusat harus memang tanggap,” terang Cornelis.

Cornelis juga meminta BMKG segera menginformasikan cuaca secara cepat dan up to date kepada masyarakat mengingat cuaca saat ini sangat ekstrim, selain itu info dari BMKG juga sangat berpengaruh terhadap apa yang akan dilakukan pemeritah terkait penanganan bencana secara cepat.

“Saya meminta BMKG segera memprediksi dan menginformasikan situasi cuaca atau iklim sangat ekstrim ini, karena ini sangat mempengaruhi dan menentukan supaya pemerintah baik pemerintah daerah dan pusat serta masyarakat bisa bersiaga dan hati-hati dalam menangani bencana yang akan terjadi. Dan yang terpenting masyarakat harus mengikuti aturan dan anjuran dari pemerintah ketika terjadi bencana,” pungkas Cornelis.

Tidak lupa Cornelis berpesan kepada masyarakat yang berada di tempat pengungsian akibat terdampak Bencana alam untuk selalu taat mematuhi Protokol Kesehatan COVID-19, seperti selalu menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun dan jaga jarak.

“Dengan Mematuhi Protokol Kesehatan COVID-19, kita dapat terhindar dari Corona Virus Desiase (COVID-19)”, Tutup Cornelis.

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Di Acara Harlah NU ke-95, Bupati Sanggau: Tak Usah Lagi Berdebat Soal Ideologi, Kita Perangi Kemiskinan untuk Kejahteraan Bersama

  SANGGAU. Peringatan hari lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama di Kabupaten Sanggau kali ini terasa istimewa. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *