Jumat , 19 April 2024
Home / NEWS / Dinkes Sanggau Bagikan 39 Ribu Masker

Dinkes Sanggau Bagikan 39 Ribu Masker

Foto—Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sangga, Ginting

 

SANGGAU. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sanggau menggelar kampanye 3M yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak sebagai upaya mencegah penularan Covid-19, Kamis (12/11/2020). Kegiatan tersebut dilaksanakan secara serentak di seluruh kecamatan di Bumi Daranante, julukan Kabupaten Sanggau.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau Ginting mengatakan, kampanye 3M ini dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-56.

“Pada kesempatan kampanye 3M ini, kami juga membagikan masker kepada masyarakat, organisasi masyarakat dan institusi-institusi untuk semua kecamatan di Kabupaten Sanggau. Ada 39 ribu masker yang kami bagikan,” ujarnya.

Ginting menyebut, kampanye 3M tidak akan berhenti pada momentum peringatan Hari Kesehatan Nasional. Tetapi akan terus berlanjut agar masyarakat semakin menyadari pentingnya menerapkan pola 3M.

“Kampanye 3M tidak berhenti pada hari ini (kemarin, red) saja. Tapi akan terus secara berkesinambungan. Sasarannya rumah ibadah, pasar, terminal atau tempat-tempat umum lainnya,” ucapnya.

Kampanye 3M ini, lanjut Ginting, memang sudah direncanakan. Hanya saja secara kebetulan terjadi lonjakan kasus konfirmasi Covid-19 di Kabupaten Sanggau tertanggal 10 November 2020.

“Sebetulnya kegiatan hari ini (kemarin, red) sudah direncanakan sebelumnya, mulai tanggal 12 November kita kampanyekan 3M secara total. Tidak hanya pakai masker, tidak hanya jaga jarak, tidak hanya mencuci tangan. Tapi 3M total,” imbuhnya.

Menurut Ginting, kepatuhan masyarakat memakai masker dan mencuci tangan pakai sabun sudah lumayan baik. Hanya saja soal jaga jarak dan berkerumunan perlu menjadi perhatian serius.

“Soal jaga jarak dan berkerumunan ini menjadi fokus kita ke depan,” katanya.

Pemkab Sanggau telah memiliki Mobil polymerase chain reaction (PCR) keliling atau Mobile Combat PCR (Covid-19), namun hingga saat ini belum difungsikan. Ginting mengatakan, rencananya mobil PCR itu baru akan difungsikan pada pekan depan.

“Mobil PCR dibutuhkan pelatihan, satu dua hari ini selesai. Setelah itu kita operasionalkan, minggu depanlah,” pungkasnya. (ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Karolin Dan Keluarga Laksanakan Misa Malam Paskah di Ngabang

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Bupati Landak periode 2017-2022 Karolin Margret Natasa dan keluarga melaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *