Rabu , 17 April 2024
Home / NEWS / Plt. Kadinkes Sanggau: ISPA Bisa Memperberat Kasus Covid-19

Plt. Kadinkes Sanggau: ISPA Bisa Memperberat Kasus Covid-19

Plt. Kadinkes Kabupaten Sanggau, Ginting

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU – Perubahan musim tak semakin tidak bisa prediksi menyebabkan pola penyakit juga tak bisa diprediksi. Demikian diungkapkan Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Sanggau, Ginting.

“Artinya bisa tiba-tiba hujan, bisa tiba-tiba kemarau. Itu juga menyebabkan pola penyakit menjadi tidak terduga. Bisa diare yang muncul, bisa demam berdarah, bisa juga Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA),” kata Ginting pada wartawan, Selasa (11/8/2020).

Seperti diketahui saat ini, Kabupaten Sanggau mulai memasuki kemarau. Terpenting, sebut Ginting, dari segi kesehatan harus siap menghadapi semuanya itu sesuai dengan pergerakan musim sekarang ini.

“Begitu juga nanti hubungannya dengan Covid ini, ancamannya kedepn ini, karena kecenderungannya kemarau, maka ISPA karena kemungkinan juga ada kebakaran hutan. ISPA ini memperberat kasus COVID ini, karena organ yang diserang ini sama, paru-paru. Jadi akan makin banyaklah suspect yang akan ditemukan,” sebutnya.

Dinas Kesehatan pun telanya menyiapkan SDM untuk mengambil langkah-langkah antisipasi. Hanya saja, yang paling penting lagi adalah kepatuhan terhadap protokoler kesehatan dalam setiap aktivitas.

“Sekarang ini kan bukan imbauan lagi. Sekarang ini bentuknya Instruksi Presiden (Inpres). Kalau diterjemahkan adalah perintah,” pungkasnya. (ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Pj Bupati Sanggau Safari Ramadan di Desa Tanjung Merpati

    KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Pj. Bupati Sanggau, Suherman mengunjungi masjid Nurul Islam di Desa Tanjung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *