Rabu , 5 Agustus 2020
Home / LANDAK / Situasi Pandemi Covid-19, Landak Perketat Pengawasan Orang asing

Situasi Pandemi Covid-19, Landak Perketat Pengawasan Orang asing

Bupati Landak, Karolin Margret Natasa

 

KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Pemerintah Kabupaten Landak bekerjasama dengan Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Pontianak menggelar rapat koordinasi pembentukan tim pengawasan orang asing (Timpora) tingkat kecamatan di wilayah Kabupaten Landak, Rabu (29/07/20) bertempat di Aula Kantor Bupati Landak.

Rakor ini dibuka langsung oleh Bupati Landak Karolin Margret Natasa dan turut dihadiri oleh Kepala Kantor Imigrasi kelas I TPI Pontianak, Perwakilan Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Kalimantan Barat, Forkopimda Landak, Sekda Landak, Kapolsek se-Kabupaten Landak, Danramil, serta Camat se-Kabupaten Landak.

Bupati Landak menyambut baik dan mendukung pembentukan Timpora ini guna meningkatkan pengawasan terhadap keberadan orang asing disuatu wilayah terlebih dalam situasi pandemi COVID-19 saat ini. Kemudian agar terciptanya sinergitas antar instansi terkait masalah orang asing.

“Saya menyambut baik dimana Timpora ini adalah wadah untuk melakukan pengawasan orang asing, keberadaan maupun jenis ijin tinggalnya, diharapkan dapat meningkatkan sinergitas diantara berbagai instansi pemerintah terkait masalah orang asing terutama dalam hal pengawasan orang asing,” kata Bupati Landak.

Setelah tim terbentuk, Bupati Landak meminta kepada para camat berkoordinasi dengan pihak Kapolsek dan Koramil diwilayah masing-masing agar aktif mengetahui keberadaan orang asing.

“Saya mohon kepada para Camat agar aktif mengetahui keberadaan orang asing diwilayah masing-masing dan berkoordinasi dengan pihak Kapolsek, pihak Koramil, dan pihak lainnya agar dapat dilakukan pendataan,” pinta Karolin.

Lebih lanjut Bupati Landak menyampaikan bahwa saat ini pemerintah Kabupaten Landak telah mengusulkan untuk membentuk unit kerja Kantor Imigrasi di Kabupaten Landak yang bertujuan memenuhi kebutuhan pelaksanaan fungsi keimigrasian.

“Rencana pembentukan unit kerja kantor imigrasi di kabupaten Landak tersebut hingga saat ini masih dalam proses dan kita berharap kantor imigrasi tersebut dapat segera terwujud,” ujar Bupati Landak.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pontianak Tatang Suheryadin menyampaikan sangat pentingnya dibentuk tim pengawasan orang asing ini agar persoalan terkait orang asing bisa segera tertangani.

“Melalui kegiatan ini kita bersama-sama merapatkan barisan berkoordinasi dan bersinergi dalam menghadapi dan menangani setiap persoalan yang terjadi terkait masalah pengawasan orang asing di Kalbar khusuanya di Kabipaten Landak ini,” jelas Tatang. (*)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Gubernur Midji Optimis APBD 2021 Rp6,8 T

KALIMANTAN TODAY, PONTIANAK – Dengan harapan pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) tidak separah tahun ini, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *