Sabtu , 19 September 2020
Home / NEWS / Hairiah “Lamar” Atbah, Tapi Peluangnya Sama dengan Balon Lainnya

Hairiah “Lamar” Atbah, Tapi Peluangnya Sama dengan Balon Lainnya

Arif Joni Prasetyo
Arif Joni Prasetyo

KALIMANTAN TODAY, PONTIANAK–Kendati berstatus petahana, Hairiah yang mendaftar sebagai Bakal Calon (Balon) Wakil Bupati Sambas ke PKS, memiliki peluang yang sama dengan figur lainnya yang juga ingin berpasangan dengan Atbah Romin Suhaili dalam Pilkada Sambas 2020.

“Saya rasa semua (yang mendaftar-red) mempunyai peluang yang sama, termasuk beliau (Hairiah-red),” kata Arif Joni Prasetyo, Ketua DPW PKS Kalbar ditemui di DPRD Provinsi Kalbar, Rabu lalu.

PKS sudah memastikan untuk mendukung kembali Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili dalam Pilkada Sambas 2020. Tinggal mencari siapa yang cocok mendampinginya.
“Sekarang, untuk penetapannya masih domain TPPD (Tim Pemenangan Pilkada Daerah), yaitu Pengurus PKS Kabupaten Sambas,” ungkap Arif.

TPPD PKS Sambas sudah membuka pendaftaran, tetapi hanya untuk Balon Wakil Bupati Sambas. Banyak yang mendaftar, salah seorang di antaranya Hairiah, petahana.

“Usai membuka pendaftaran TPPD akan menindaklanjutinya dengan komunikasi pokitik bersama partai-partai yang akan berkoalisi,” jelas Arif.

Selanjutnya, tambah dia, TPPD PKS Sambas melakukan survei. “Semua yang mendaftar disurvei, peluangnya sama. Saat ini dalam proses, kita tunggu hasilnya,” ucap Arif.

Dalam menentukan siapa yang akan direkomendasikan untuk mendampingi Atbah, tentunya TPPD PKS Sambas memiliki kalkulasi tersendiri. Di antara tingkat elektabilitas yang bersangkutan berdasarkan hasil survei dan komunikasi politiknya.

“Apabila ada kecocokan atau kesamaan visi misi dan tingkat elektabilitasnya memadai, tentu TPPD akan merekomendasikan yang bersangkutan,” papar Arif.

Kemudian TPPD akan menyerahkan rekomendasinya ke Tim Pemenangan Pilkada Wilayah (TPPW) PKS Kalbar. “TPPW akan menindaklanjuti dengan memverifikasi, melihat hasil survei, membaca rekomendasinya, menghubungi pihak-pihak terkait dan menyerahkannya ke DPP PKS,” jelas Arif.

BACA: Ini Nama-nama yang Bakal Diusung Gerindra dalam Pilkada Serentak 2020

Rekomendasi TPPW PKS Kalbar yang akan disampaikan ke DPP, rinci Arif, selain rekomendasi TPPD juga matrik kalkulasi peluang atau elektabilitas dan lainnya. “Kemudian DPP yang akan menetapkan siapa yang akan diusung dalam Pilkada Sambas 2020,” tuturnya.

Arif menambahkan, Atbah Romin Suhaili sepenuhnya menyerahkan proses penetapan pasangannya tersebu5 ke TPPD. “Beliau (Atbah-red) tidak memberikan gambaran kepada siapa kecenderungannya,” ujarnya.

TPPW PKS Kalbar, lanjut Arif, masih menunggu “sikap” Atbah terkait pasangannya. “Kita tunggulah. Sebagai kader PKS dan petahana, tentu Pak Atbah mempunyai pertimbangan-pertimbangan mengenai siapa yang akan mendampinginya,” katanya.

Arif hanya memastikan bahwa PKS akan mendukung figur sesuai yang diinginkan masyarakat Kabupaten Sambas. “Memiliki tingkat elektabilitas yang memadai dan tentu bisa melanjutkan perjuangan membangun Sambas,” pungkasnya.(dik)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Rencana Sanggau Tuan Rumah MTQ Tingkat Provinsi, Jumadi: Kita Berikan yang Terbaik

  SANGGAU – Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot dan Ketua DPRD Kabupaten Sanggau Jumadi hadir …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *