Jumat , 19 April 2024
Home / NEWS / Anggaran Pilkades di Sanggau Rp2,6 Miliar, Siron: Tak Termasuk Anggaran Pengamanan

Anggaran Pilkades di Sanggau Rp2,6 Miliar, Siron: Tak Termasuk Anggaran Pengamanan

Foto---Kepala DPM Pemdes Kabupaten Sanggau, Siron
Foto—Kepala DPM Pemdes Kabupaten Sanggau, Siron

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sanggau mengalokasikan anggaran sebesar Rp2,6 miliar lebih dari APBD untuk menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2020.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyatakat dan Pemerintahan Desa (DPM Pemdes) Kabupaten Sanggau, Siron mengatakan, alokasi anggaran dari APBD untuk Pilkades sebesar Rp2,6 miliar lebih itu diperuntukkan untuk cetak surat suara dan honor panitia tingkat desa.

Anggaran penyelenggaraan Pilkades tidak hanya bersumber dari APBD, tetapi juga dari APBDes.

“Jadi setiap desa yang menyelenggarakan Pilkades juga mengalokasikan anggaran desanya untuk Pilkades. Anggaran yang bersumber dari desa itu diperuntukan untuk pengadaan logistik Pilkades lainnya,” terang Siron, Kamis (16/1/2020)

Dari alokasi anggaran Rp2,6 miliar lebih itu, diakuinya, tidak termasuk untuk pengamanan dari Polres maupun Kodim 1204/Sanggau.

“Tidak ada (anggaran pengamanan). Nanti pada saat pelaksanaan ada surat bupati untuk instansi dan OPD lainnya dalam kegiatan pengawasan dan pemantauan,” ujar Siron.

Sementara untuk pencetakan surat suara dan logistik Pilkades serentak tahun 2020, dimulai pada 20 Februari sampai 29 Maret.

Untuk diketahui, Pilkades Serentak 2020 akan diselenggarakan di 72 desa Pemilihan dan pemungutan suara akan digelar pada 1 April 2020. Sedangkan tahapan Pilkades sudah berjalan sejak September 2019.

Dimulai mulai dari pembentukan panitia Pilkades tingkat kabupaten, tingkat desa, pendataan calon pemilih sementara, validasi data pemilih, pengajuan rencana biaya pemilihan dan pendaftaran calon kades.

“Kami juga sudah memberikan Bimtek kepada seluruh panitia Pilkades. Dan pendaftaran calon Kades sudah berakhir pada 13 Januari kemarin. Pesertanya meningkat dari Pilkades tahun 2018 lalu. rata-rata 7-8 orang, bahkan ada yang sampai 10 calon per desa,” bebernya. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Karolin Dan Keluarga Laksanakan Misa Malam Paskah di Ngabang

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Bupati Landak periode 2017-2022 Karolin Margret Natasa dan keluarga melaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *