Kamis , 25 April 2024
Home / BENGKAYANG / Ini Motivasi Desta, Pemuda Yang Maju Pilkades Bengkayang

Ini Motivasi Desta, Pemuda Yang Maju Pilkades Bengkayang

Destaria Wiwit Kusmanto
Destaria Wiwit Kusmanto

KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG – Bakal Calon Kepala Desa Lembang, Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang Destaria Wiwit Kusmanto yang akan berkompetisi dalam kontestasi Pilkades tahun 2019 menyatakan dirinya siap untuk mewujudkan proses demokrasi yang berkualitas.

Sebagai pemuda tentu ia sangat berharap agar bisa membawa desa Lembang ke arah yang lebih baik. Termasuk proses demokrasi.

Menurut Desta, peran pemuda dalam membangun desa tentu sangat besar. Mengingat, untuk memajukan sebuah desa dan untuk menata masa depan desa yang baik adalah dengan menata generasi mudanya dengan baik. Salah satu dengan proses demokrasi yang berkualitas, sehingga menghasilkan kepala desa yang berkualitas.
” Pada prinsipnya kita selalu siap. Memang secara umum desa Lembang adalah desa dengan suasana yang kondusif, bahkan para calon biasa ngumpul bersama-sama. Kita semua komitmen untuk membangun dan wujudkan proses demokrasi yang berkualitas di desa Lembang,” ujar Desta saat di temui usai mengikuti deklarasi Pilkades Damai tahun 2019 di kantor Bupati Bengkayang, Kamis (12/12).
Lanjut Desta yang akrab disapa menyampaikan, visi dan misi sebagai Calon Kades ia ingin membina generasi muda, karena kemajuan sebuah desa dan kekuatan suatu bangsa terletak pada diri pemuda.

“Setiap perubahan yang ada itu dari pemuda. Jadi pemuda itu perannya tulang panggung pembangunan baik itu di desa kah, atau di negara ini,” ucapnya.

Desta juga berkomitmen untuk membawa desa Lembang yang saat ini menjadi salah satu desa dengan status desa Mandiri yang ada di kabupaten Bengkayang menghasilkan sebuah demokrasi yang berkualitas.
“Kita mau proses demokrasi kita benar-benar berkualitas, apalagi status desa Lembang saat ini menjadi Desa Mandiri. Tnetu sevara SDM sudah berkualitas, jadi harus juga proses demokrasi juga berkualitas,” tuturnya.

BACA: Karolin Ingin PLN Melaksanakan Komitmen Berikan Penerangan Pada Masyarakat Landak

Desta menjelaskan, secara pribadi niatnya adalah membangun desa Lembang lima tahun kedepan. Sehingga desa yang berstatus mandiri ini benar dalam artian yang sesungguhnya. Terlebih kata Desta, di Desa Lembang kehidupan kemajemukan masyarakat sangat tinggi, terdiri dari bermacam suku dan agama, dan saat ini indeks toleransi sangat terjaga dengan baik.
“Itu tanggung jawab kita untuk terus jaga dan meningkatkan itu. Saya mengajak diri saya pribadi dan semua para calon kades yang ada baik di desa Lembang maupun di 50 desa sama-sama mensukseskan pesta demokrasi tingkat desa sehingga aman dan berkualitas. Sesuatu yang sesuai dengan apa yang di ucapkan saat deklarasi hari ini,” ucapnya.
Desta berharap, desa-desa di kabupaten Bengkayang dapat benar-benar memaksimalkan peran pemuda sebagai salah satu penggerak pembangunan desa di bidang sosial terutama ekonomi kreatif. Sehingga kedepan Bengkayang kuat karena ada pemuda yang kuat.
Desa Lembang adalah salah satu dari 50 desa yang akan Pilkades tahun 2019 ini, dengan jumlah pemilih mencapai 3.344 yang terdiri dari enam TPS dari tiga dusun. (Titi).

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Ambil Formulir Pendaftaran ke PDIP dan PAN, Zulkarnain: Wait and See, Kita Harus Realistis

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kabupaten Sanggau, Zulkarnain kembali mengambil formulir pendaftaran …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *