Selasa , 7 Juli 2020
Home / NEWS / Sejak 2010, 1.213 Orang Terima Beasiswa Unitri dari Pemkab Sanggau

Sejak 2010, 1.213 Orang Terima Beasiswa Unitri dari Pemkab Sanggau

Foto—Bupati Paolus Hadi memberikan cinderamata kepada Rektor Unitri Malang, Eko Handayanto
Foto—Bupati Paolus Hadi memberikan cinderamata kepada Rektor Unitri Malang, Eko Handayanto

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU – Komitmen Pemkab Sanggau meningkatkan kualitas SDM masyarakat Sanggau sangat tinggi. Sejak 2010 Pemkab telah mengucurkan beasiswa untuk mereka yang ingin kuliah di Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) Malang. Hingga 2019, jumlahnya mencapai 1.213 orang.

Pemkab akan mengkaji tawaran kerjasama dari Unitri untuk pendidikan lanjut studi S2

Demikian diungkapkan Asisten II Setda Sanggau, Roni Fauzan, dalam ramah-tamah antara pihak Unitri dan Pemkab Sanggau, Senin (2/12) di kantor Bupati Sanggau.

“Perlu disampaikan bahwa rekapitulasi fasilitasi beasiswa dari Pemerintah Kabupaten Sanggau di Unitri Malang dari tahun 2010 hingga tahun 2019, yakni; pada tahun 2010 jumlah mahasiswa dari Sanggau yang dikirim ke Unitri Malang sebanyak 32 orang; tahun 2011 sebanyak 53 orang; tahun 2012 sebanyak 75 orang; tahun 2013 sebanyak 127 orang; tahun 2014 sebanyak 166 orang; tahun 2015 sebanyak 165 orang; tahun 2016 sebanyak 160 orang; tahun 2017 sebanyak 175 orang; tahun 2018 sebanyak 125 orang dan tahun 2019 sebanyak 135 orang. Sehingga total keseluruhan jumlah mahasiswa yang dikirim ke Unitri Malang hingga saat ini mencapai 1.213 orang,” rinci Roni Fauzan.

Pada acara tersebut hadir Rektor Unitri Malang, Prof.DR.Ir.Eko Handayanto, M.Sc, Wakil Rektor III Unitri Malang, DR.Totok Susongko, MM, Asisten Perekonomian. Sementara dari Pemkab Sanggau dihadiri Bupati Sanggau, Paolus Hadi dan Wabup Yohanes Ontot.

Roni juga menyampaikan rekomendasi dari hasil monitoring Tim Pembina BUD yang dipimpin Wabup Yohanes Ontot pada 17-19 Mei 2019 lalu. Pertama, kerjasama dalam hal komunikasi dan informasi perkembangan akademik maupun non akademik mahasiswa antara Pemkab Sanggau dengan pihak Unitri di bidang akademik dan kemahasiswaan perlu ditingkatkan, agar permasalahan terkait akademik maupun non akademik mahasiswa dapat dipantau lebih dini, supaya bisa dilakukan langkah-langkah antisipatif maupun operasional dalam rangka membantu menyelesaikan permasalahan yang dialami mahasiswa.

“Kedua, Pemkab akan mengkaji tawaran kerjasama dari Unitri untuk pendidikan lanjut studi S2,” lanjut Roni.

Rektor Unitri Malang, Eko Handayanto mengaku tak menyangka terjalinnya kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sanggau terkait pengiriman mahasiswa dari Sanggau hingga saat ini mencapai 1.213 orang.

“Saya mengapreasiasi kepada Pemerintah Kabupaten Sanggau. Artinya pemerintah daerah sangat mendukung dalam pembangunan sumber daya manusianya dalam mewujudkan masyarakat Sanggau pintar,” ujarnya.

Ia juga menginformasikan, perkembangan Kampus Unitri Malang sekarang sudah cukup pesat.

“Unitri merupakan kampus yang bisa dikatakan miniaturnya Indonesia, yang mana di Kampus Unitri Malang ini mahasiswanya berasal dari berbagai daerah yang ada di Indonesia, termasuk dari Kabupaten Sanggau ini,” ujarnya.

BACA: Pemkab Landak Raih Penghargaan Badan Publik Informatif Se-Kalbar, Karolin : Jangan Cepat Berpuas Diri

BACA: Usut Kasus Gratifikasi BPN Sampai ke Akar-akarnya

Ia juga berpesan kepada para alumni Unitri Malang yang ada di Kabupaten Sanggau ini untuk tidak segan-segan memberikan masukan dan saran, agar ke depan Unitri Malang lebih baik.
Wabup Yohanes Ontot mengungkapkan mengapa Pemkab begitu getol memberikan beasiswa Unitri.

“Karena memang Pemkab Sanggau sangat berkepentingan untuk memberikan solusi kepada masyarakat di Sanggau ini. Pasalnya dari hasil survei atau perjalanan dari kampung ke kampung, kita menemukan dusun dan desa yang ada di Kabupaten Sanggau ini masih banyak yang belum sarjana,” ungkap Ontot.

Ia juga mengatakan, hal itu sebagai upaya Pemkab meningkatkan SDM Kabupaten Sanggau dari waktu ke waktu.

“Kita berharap mereka yang sudah lulus nanti, terutama mampu dalam membiayai hidupnya melalui ilmu yang sudah didapat dengan melihat potensi yang ada di daerah kita,” harapnya. (Ram)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

6.464 Hewan se-Sanggau Sudah Divaksin, Syafriansyah: Ancaman Rabies Itu Nyata

  KALIMANTAN TODAY, SANGGAU – Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Sanggau hingga hari ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *