Sabtu , 7 Desember 2019
Home / NEWS / “Kalau Cinta Sanggau, Pakailah Batik Sabang Merah”

“Kalau Cinta Sanggau, Pakailah Batik Sabang Merah”

Foto—Batik Sabang Merah yang dikenakan Bupati Paolus Hadi ketika melantika pengurus Dekranasda Sanggau, Rabu (20/11)
Foto—Batik Sabang Merah yang dikenakan Bupati Paolus Hadi ketika melantika pengurus Dekranasda Sanggau, Rabu (20/11)

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU – Bupati Sanggau Paolus Hadi (PH) mengapresiasi pengurus Dekranasda Kabupaten Sanggau periode sebelumnya yang telah menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik. Salah satunya dengan menghasilkan produk batik Sabang Merah.

Yang pakai batik ini baru kita-kita, belum menyeluruh. Ini pekerjaan rumah bagi Dekranasda bagaimana menyiapkan batiknya, perajinnya, UMKM-nya. Saya dengan sudah ada MoU, ini ditindaklanjuti

Bupati dua periode ini mengingatkan, tantangan Dekranasda kedepan adalah bagaimana batik Sabang Merah ini bisa dicintai masyarakat.

“Yang pakai batik ini baru kita-kita, belum menyeluruh. Ini pekerjaan rumah bagi Dekranasda bagaimana menyiapkan batiknya, perajinnya, UMKM-nya. Saya dengan sudah ada MoU, ini ditindaklanjuti,” ujarnya.

PH menegaskan, dirinya hanya akan membuat imbauan agar ASN dan masyarakat Sanggau mau menggunakan batik sabang merah.

“Pengelaman di beberapa kabupaten, bupatinya buat perintah supaya seluruh warganya menggunakan. Cuma apakah perintah ini dianggap memaksa orang, maklumlah sekarang salah ngomong dikira maksa orang. Lalu dianggap, gara-gara kebijakan bupatilah, terjadi orang macam-macam. Maka saya hanya akan membuat imbauan saja kepada seluruh warga Sanggau, kalau cinta Sanggau pakailah batik sabang merah,” ucapnya.

Menurut Bupati, batik Sabang Merah tidak kalah dengan batik dari daerah lain. Namun demikian, ia menitip pesan agar batik lokal Sanggau ini memiliki ciri khas, yaitu tetap ada motif sabang merah dalam setiap produk batik yang dibuat.

“Sekarang bagaimana anak sekolah mau pakai, ASN mau pakai. Saya tidak mau menulis kata-kata wajib, karena saya tetap konsisten, orang harus mau dari hatinya, itu lebih abadi, jangan karena PH membuat surat, karena dia bupati, takut tidak pakainya. Termasuk BUMN, BUMD, silahkan. Karena kalau tidak dari hati, kalian tidak akan bantu mempromisinya, itu masalahnya,” tutur PH.

BACA: JPU KPK Ungkap Aliran Dana Gidot

Pada kesempatan itu, Bupati juga meminta agar apa yang telah disampaikan Ketua Dekranasda Kalbar melalui sambutannya yang dibacakan Kadis Perindag Kalbar dijadikan pegangan pengurus untuk mendorong kemajuan Dekranasda Sanggau kedepan.

“Kita harus mengembangkan produk lokal kita, mendorong pengembangan produk UMKM supaya mereka memperkuat produk-produk daerah. Dan terima kasih kepada Dekranasda sebelumnya yang sudah meletakkan dasar, banyak hal yang sudah dibuat dan dikembangkan. Dan tentunya saya berharap harus dievaluasi oleh pengurus yang baru,” tutup PH. (Ram)

Tentang REDAKSI

Cek Juga

Subhan Nur

Usut Kasus Gratifikasi BPN Sampai ke Akar-akarnya

  KALIMANTAN TODAY, PONTIANAK–DPRD Provinsi Kalbar meminta kasus gratifikasi terkait pendaftaran tanah tidak berhenti sampai …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *