Sabtu , 20 April 2024
Home / NEWS / 90 Warga di Tiga Desa Terima BSPS

90 Warga di Tiga Desa Terima BSPS

9a277447-8054-4e5c-b929-f4bb701f4989
KALIMANTAN TODAY, SAMBAS – Sebanyak 90 orang dari Tiga Desa di Kecamatan Sejangkung mendapat buku tabungan program bantuan stimulan perumahan swadaya yang diserahkan langsung oleh Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc MH di Aula Kantor Camat Sejangkung.

Penyerahan tersebut juga disaksikan Kadis Perkim LH, Camat Sejangkung, Kepala Cabang Bank Kalbar dan Forkopimcam Sejangkung. Desa tersebut yakni, Desa Piantus, Desa Sendoyan dan Desa Parit Raja yang asing-masing desa, mendapat bantuan 30 unit.

Dijelaskan Kadis Perkim LH, H Eko Susanto, untuk Kab Sambas, tahun 2019 mendapat alokasi bantuan BSPS sebanyak 330 unit.

Yang tersebar di enam kecamatan, yaitu Kec Semparuk, Kec Sambas, Kec Sajad, Kec Sejangkung, Kec Galing dan Kec Sebawi.

“Progam bantuan stimulan perumahan swadaya ini sudah dimulai tahun 2012. Hingga tahun 2019, Kab Sambas telah teralokasikan sebanyak 2995 unit rumah yang mendapatkan bantuan,” ujar Kadis Perkim LH, Selasa (27/8).

Masing-masing warga yang mendapatkan bantuan ini jelas dia untuk tahun 2019 menerima uang dalam bentuk saldo rekening bank sebesar 17 juta 500 ribu rupiah. Dijelaskan Eko, penggunaan jumlah uang tersebut sudah memiliki ketentuan yang harus dipatuhi sipenerima bantuan.

“Penggunaannya sudah diatur, 15 juta untuk membeli bahan material bangunan dan sisanya, 2 juta 500 ribu rupiah untuk membayar jasa tukang bangunan,” terang dia.

Penerima manfaat program dalam menggunakan bantuan itu, lanjut Kadis dibantu tenaga pendamping.

Bupati dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat atas guliran bantuan stimulan itu.

“Mari kita bersyukur atas hadirnya program bantuan ini. Terima kasih kepada Presiden kita. Alhamdulillah, ini harus kita syukuri,” ujar dia.

Dia meminta, masyarakat atau warga penerima bantuan, amanah dengan dana yang dititipkan dalam bentuk rekening tabungan bank itu. Atbah mengingatkan, jangan sampai ada masalah dalam mengelola dana tersebut.

“Harus benar-benar dimanfaatkan dengan baik dana itu. Optimalkan agar menghadirkan rumah layak huni bagi warga kita,” tutur Atbah.

Bupati menekankan, desa juga harus ikut memberikan partisipasinya agar program bantuan stimulan perumahan swadaya tersebut sukses di Kab Sambas.

Dia mengajak kades untuk bisa menggerakkan warga lainnya bergotong royong membangun rumah yang mendapat bantuan.

“Harapan saya, Kab Sambas dinilai sangat berhasil untuk program ini. Agar kedepannya, alokasi bantuan jumlahnya bisa bertambah. Karenanya sangat penting dukungan seluruh stake holder, seluruh lapisan masyarakat,” pungkasnya. (jon)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Karolin Dan Keluarga Laksanakan Misa Malam Paskah di Ngabang

  KALIMANTAN TODAY, LANDAK – Bupati Landak periode 2017-2022 Karolin Margret Natasa dan keluarga melaksanakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *