Kamis , 25 April 2024
Home / BENGKAYANG / Bawaslu Bengkayang Tingkatan SDM Pengawasan di Kecamatan

Bawaslu Bengkayang Tingkatan SDM Pengawasan di Kecamatan

IMG-20190117-WA0005
KALIMANTAN TODAY, BENGKAYANG – Menjelang pemilu yang tidak lama lagi, yakni   pada 17 April  2019 mendatang, Badan Pengawas Pemilihan Umum  Kabupaten Bengkayang, menggelar Rapat Koordinasi bersama Panitia Pengawasan Pemilu di 17 kecamatan yang ada di kabupaten Bengkayang, kemarin.
Rakor tersebut dalam rangka  penguatan kapasitas Sumber Daya Manusia, dan  meningkatkan  Sumber Daya Manusia dalam  Pengawasan pemilu 2019.
Koordinator Divis Organisasi dan Sumber Daya Manusia Bawaslu Kabupaten Bengkayang, Evi Flavia,  mengatakan pentingnya dilakukan rakor ini , untuk meminimalisir terjadinya kesalahan yang dilakukan pengawas pemilu dilapangan.
” Pengawas Pemilu tingkat kecamatan dan desa/kelurahan merupakan ujung tombak pengawasan. Apalagi, kejadian dugaan pelanggaran, tentunya berada di wilayah kecamatan atau desa,” ujar Evi.
Evi Flavia, juga mengatakan Pengawas Pemilu di Kabupaten Bengkayang selalu siap melakukan pengawasan. Baik itu melakukan pengawasan terhadap kampanye, alat peraga kampanye,  bahan kampanye, dan kegiatan lainnya.
“Tentunya, dalam hal pengawasan tersebut, tetap mengacu kepada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu,” ujarnya.
Ia juga menambahkan, kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan demi kelancaran dan suksesnya pengawasan Pemilu khususnya di daerah Bengkayang.
Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Bengkayang, Yosef Harry Suyadi mengatakan hingga hari ini, Bawaslu menemukan  sebanyak tujuh pelanggaran Alat Peraga Kampanye (APK) oleh parpol .
“Sampai hari ini ada 7 pelanggaran administrasi yang kita temukan dilapangan. Baik yang dilakukan oleh  caleg ataupun parpol. Seperti baliho, Kouta yang tidak sesuai dengan aturan Bawaslu,” ucapnya.
Yosef Harry Suyadi juga mengatakan, kalau pelanggaran tersebut sudah ditindaklanjuti. Dengan membongkar baliho yang susah melanggar ketentuan.
“Pembongkaran tersebut juga dilakukan langsung oleh Pol-PP, atas rekomendasi dari kita,” ujarnya.
Yosef Harry Suyadi, berharap dan menghimbau baik itu masyarakat, parpol, para caleg agar menciptakan suasana yang kondusif tertib, sama-sama sukseskan pemilu. Berkampanye lah dengan riang gembira.
Terakhir ia menyampaikan, jika masyarakat menemukan pelanggaran yang dilakukan oleh parpol, dimana pun. Silahkan langsung laporkan kepada Bawaslu, Panwascam terdekat. Dengan didukung bukti yang valid. Seperti foto dan video. (Titi)

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Pj Bupati Sanggau Hadiri Panen Perdana PSR

KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Sanggau, Suherman menghadiri panen perdana Program Sawit Rakyat (PSR) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *