Selasa , 26 Januari 2021
Home / NEWS / Waspada, Banjir Ancam Kecamatan Meliau

Waspada, Banjir Ancam Kecamatan Meliau

Ketua Tagana Kecamatan Meliau, Franki Siswanto
Ketua Tagana Kecamatan Meliau, Franki Siswanto

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU –  – Kecamatan Meliau menjadi salah satu kecamatan yang rawan banjir di Kabupaten Sanggau, terutama musim penghujan seperti saat ini. Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kecamatan Meliau mengidentifikasi sedikitnya ada empat desa dan sejumlah dusun yang rawan bahkan langganan terendam banjir ketika intensitas hujan meningkat. Desa dan Dusun dimaksud adalah Desa Kuala Buayan, Desa Kuala Rosan, Desa Gadai dan Desa Cupang.

“Tapi hampir semua desa di sini berpotensi banjir. Meliau ini dikelilingi sungai dan beberapa desa itu berada di daerah aliran sungai,” kata Ketua Tagana Meliau, Franki Siswanto, Minggu (16/12).

Dikatakannya, sejumlah desa dan dusun di Meliau sempat tergenang banjir seiring intensitas hujan yang mulai meningkat sejak sebulan terakhir. Namun genangan banjir yang masuk ke pemukiman warga cepat surut. Meski begitu, Tagana tetap mewaspadai kemungkinan banjir besar di wilayah setempat karena saat ini musim penghujan.

“Beberapa waktu lalu di sini sempat banjir bandang dan kejadiannya tengah malam. Banyak warga yang tidak sempat menyelamatkan barangnya, karena air datang tiba-tiba,” ungkap Franki.

Franki menyampaikan, banjir rutin menyambangi Meliau sejak tiga tahun terakhir. Pepohonan besar yang mulai berkurang karena adanya alih fungsi lahan dan adanya pendangkalan sungai, diduga menjadi penyebab wilayah ini langganan banjir.

Sebagai antisipasi dan penanganan, Tagana menyiapkan shelter darurat untuk tempat pengungsian sementara warga. Selain itu, organisasi bentukan Kementerian Sosial ini juga mengintensifkan sosialisasi terkait kewaspadaan bencana kepada masyarakat. (Ram)

Empat Desa di Kecamatan Meliau Rawan Banjir

No

Nama Desa

1.

Desa Kuala Buayan

2.

Desa Kuala Rosan

3.

Desa Gadai

4.

Desa Cupang

Tentang Kalimantan Today

Cek Juga

Paolus Hadi Siap Jadi yang Pertama Disuntik Vaksin Sinovac di Sanggau

  SANGGAU. Bupati Sanggau Paolus Hadi bakal menjadi penerima pertama suntikkan vaksin Covid-19 di Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *